JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Tips Detil Memilih Durian yang Matang dan Manis

Buah durian. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Saat musim durian tiba, banyak pedagang dadakan di pinggir-pinggir jalan yang menjajakan raja buah ini.

Biasanya para pedagang dadakan hanya menjual durian lokal. Meski demikian yang dijual ada berbagai jenis dengan aroma yang khas dan rasa yang sangat lezat.

Tumpukan dan aroma khas durian yang dijajakan pedagang, biasanya menarik para pecinta durian untuk mencicipinya.

Saat memutuskan akan membeli buah durian, hal yang terpenting adalah memilih buah yang benar-benar telah matang dan manis.

Walaupun lebih sulit daripada memilih buah lainnya, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memilih durian yang matang.

1. Perhatikan ukurannya

Dikutip dari laman Cybex Pertanian, biasanya saat memilih durian, orang akan memilih durian yang berat karena beranggapan bahwa buah tersebut akan memiliki lebih banyak isi. Namun, tips memilih durian yang tepat justru adalah memilih durian yang lebih ringan.

Karena jika membeli durian dengan bobot yang ringan, maka itu adalah pertanda kalau buah durian tersebut matang dan berlimpah. Sedangkan, semakin berat durian, maka semakin besar pula bijinya, bukan dagingnya.

2. Cium aromanya

Baca : Moeldoko : Durian Indonesia Berpotensi Menjadi Komoditas Unggulan di Pasar Dunia

Aroma durian bisa menjadi trik memilih durian yang enak. Durian dengan aroma yang harum umumnya memiliki daging yang kuning dan manis. Cara ini banyak dipakai oleh banyak orang saat memilih durian.

Tidak perlu membelah durian jika ingin mencium aroma tersebut. Cukup angkat buah durian, lalu dekatkan ke hidung Anda. Durian dengan kualitas terbaik akan menebarkan aroma harum yang sangat khas meskipun belum dibelah atau disayat kulitnya. Dan tentunya durian dengan aroma yang harum umumnya memiliki daging yang kuning dan manis.

3. Goncang durian

Dikutip dari laman Dinas Pertanian Provinsi Banten, cara lain yang dapat digunakan untuk memeriksa kematangan durian dalah dengan menggoncangnya. Tempelkan kedua telapak tangan pada buah durian, diikuti dengan jari-jari tangan dan pegang erat.

Kemudian, gunakan tenaga pada lengan untuk mengangkatnya dan menggoncangkannya sedikit agak keras. Jika merasakan getaran kecil, artinya isi buah tersebut kering dan matang karena isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam. Sementara, isi yang lembap atau terlalu lunak akan melekat.

4. Cermati bentuk durinya

Untuk mendapatkan durian yang paling enak dan matang, mencermati bentuk duri dari durian juga merupakan sebuah alternatif. Pilih durian dengan bentuk duri pendek dan jarang karena dipercaya lebih manis. Sebaliknya, jika mendapatkan durian dengan duri panjang dan rapat, maka hal ini pertanda jika buah tersebut memiliki daging yang sedikit.

5. Jangan membeli durian yang telah terbuka

Saat membeli durian, banyak orang yang tidak memperhatikan cara memilih durian yang benar dan cenderung membeli durian yang sudah terbuka kulitnya. Mereka berpikir bahwa membeli durian yang sudah terbuka agar dapat melihat warna dagingnya.

Ini karena ketika kulit durian sudah terbuka, maka daging di dalamnya akan terkena angin terus menerus. Hal ini dapat menyebabkan rasa buah durian menjadi hambar. Sebaiknya, pertimbangkan untuk membeli durian yang masih tertutup rapat.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com