JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Tips Merebus Daging Sapi Agar Empuk dan Lezat

Ilustrasi daging merah. Foto: pixabay.com
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Daging merupakan makanan favorit hampir semua orang. Tetapi soal rasa dan keempukannya tergantung cara memasaknya.

Salah saat memasak atau merebusnya bisa bisa membuat daging menjadi alot saat disajikan.

Agar daging menjadi lebih sedap, ada beberapa teknik yang perlu Anda ketahui. Simak tips merebus daging sapi berikut agar empuk dan tidak bau.

Tips Merebus Daging Sapi agar Empuk

1. Bersihkan Daging dengan Baik
Sebelum mulai memasak, bersihkan daging sapi dengan air mengalir dan tiriskan. Hal ini akan membuat daging sapi lebih cepat empuk saat direbus. Namun, perhatikan kembali kebersihan dapur Anda karena ada banyak bakteri yang terdapat pada daging mentah.

2. Pilih Bagian Daging yang Tepat
Pilihlah daging sapi dengan kandungan lemak yang cukup. Bagian daging yang berlemak cenderung akan lebih cepat empuk saat dimasak. Rasa yang lebih gurih tentunya juga akan Anda dapat jika memilih bagian tersebut.

3. Potong Daging dengan Benar
Potongan daging sapi yang melintang dengan arah berlawanan dari seratnya akan mengurai serat tersebut. Alhasil ketika direbus atau dimasak, daging akan lebih cepat empuk. Potongan daging yang lebih kecil juga bisa membantu Anda dalam mempersingkat waktu rebus.

4. Gunakan Panci Presto
Langkah ini menjadi cara paling mudah dan sederhana untuk merebus daging. Panci presto dilengkapi fitur khusus agar daging yang kita rebus bisa lebih cepat empuk. Anda cukup menyiapkan bumbu dan air yang cukup serta memperhatikan tutup presto. Jika bunyi desis sudah terdengar, kecilkan api secara bertahap sampai uap di dalam panci berkurang.

5. Perhatikan Teknik 5-30-7

Angka 5-30-7 di sini menunjukkan lama waktu Anda harus merebus daging di masing-masing tahap. Mula-mula, rebus daging selama 5 menit, buang air rebusan, dan rebus kembali selama 5 menit. Setelah api dimatikan, tetaplah tutup panci selama 30 menit tanpa dibuka. Tanpa mengganti air, Anda bisa lanjut merebus daging selama 7 menit.

Sebagai tips tambahan, Anda bisa menambah beberapa lembar daun jeruk pada rebusan pertama. Sedangkan pada rebusan kedua, tambahkan dua sendok cuka.

Anda perlu menghindari merebus daging terlalu lama karena dapat mengurangi kadar nutrisi di dalamnya. Selain itu, jangan pula membuka tutup panci terlalu sering karena bisa memperlama pengempukan daging.

6. Gunakan Pengempuk Daging Alami maupun Buatan
Ada beberapa bahan alami yang bisa membantu mengempukkan daging saat direbus, misalnya remasan selembar daun pepaya atau seruas jari buah nanas yang dicampur ke air rebusan daging. Selain itu, Anda bisa menggunakan bubuk pengempuk daging alias tenderizer powder.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com