JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Hujan Deras di Sleman Picu Bencana Tanah Longsor di Sejumlah Lokasi, Tembok Rumah Jebol, Motor Tertimbun

Warga kerjabakti membersihkan material talut longsor di Ledoksari Kikis Sambisari Prambanan, Jumat (3/2/2023) / tribunews
   

SLEMAN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Rumah warga Ledoksari Kikis RT 06 RW 07, Sambisari, Kapanewon Prambanan jebol lantaran dilanda meterial longsoran akibat hujan deras yang terjadi di Sleman dalam waktu yang lama pada Kamis (2/2/2023).

Tak tanggung-tanggung, rumah tersebut tertimpa longsoran material talut setinggi 10 meter dengan panjang 15 meter.

Selain menjebol tembok rumh warga, material longsoran juga mengubur sebuah sepeda motor Astrea Grand tahun 93 di dalam kampus.

Untung saja, insiden tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Empat orang yang tinggal di rumah tersebut pun selamat.

“Talut menimpa rumah dan motor sekaligus. Ini sedang proses evakuasi,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman, Makwan, Jumat (3/2/2023).

Baca Juga :  Pura-pura Cari Tempat Laundry, Perempuan Asal Jabar Ini Curi Uang Rp 81 Juta di Bantul

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Bambang Kuntoro mengatakan, peristiwa talut longsor tersebut terjadi sekira pukul 21.00 WIB.

Selain longsor di Ledoksari Kikis Sambisari, update situasi hingga Jumat (3/2/2023) pukul 09.00 pagi, longsor juga dilaporkan terjadi di sejumlah titik antara lain di seputar Goa Muria, Sendang Sriningsih.

Di sana, talut setinggi 1,5 meter dan lebar 6 meter longsor menyumbat gorong-gorong. Kasus serupa dirasakan warga Gandri Kalinongko Lor 003/014 Gayamharjo. Di sana, talut setinggi 2,5 meter dan lebar 5 meter.

Baca Juga :  Hendak Tawuran dengan Sajam dan Bom Molotov, Lima Remaja Asal Bantul Diamankan Polisi

Selanjutnya, insiden serupa juga terjadi di Jatirejo RT 5/RW 2 Kalurahan Gayamharjo, tebing selebar 20 meter longsor dan renggang.

Lalu di Terto RT 01/ RW 5 Gayamharjo, ada tebing selebar 4×6 meter  longsor dan mengancam rumah warga. Jarak pondasi rumah dengan longsoran sekitar tiga meter.

Tanah longsor juga dilaporkan menimpa kandang ternak di Gunungsari rt 01/ 14 Kalurahan Sambirejo.

Lalu, di Mlakan RT 01 Sambirejo tanah longsor menimpa dapur rumah warga.

Dampak hujan deras semalam juga mengakibatkan pohon tumbang melintang di jalan.

Peristiwa tersebut terjadi di Mlakan RT01/RW10 Kalurahan Sambirejo Prambanan.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com