JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Ini Jawaban MWA Atas Aksi Protes Mahasiswa FKOR UNS

Kuasa Hukum MWA UNS, Muhammad Taufiq  / Foto: Prihatsari
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pihak Majelis Wali Amanat (MWA) memberikan respons terhadap aksi protes yang dilakukan ratusan mahasiswa Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kamis kemarin (2/2/2023).

MWA menyayangkan adanya aksi demo tersebut,  karena somasi yang dilayangkan mengarah ke pribadi dan bukan lembaga.

MWA melalui Kuasa Hukumnya, Muhammad Taufiq menekankan, sudah menjadi tugas Rektor UNS untuk melakukan pembinaan pada para mahasiswa tersebut.

Rektor UNS lah yang dinilai harus memberikan pemahaman yang tepat terkait arti somasi pada mahasiswa.

“Prof Jamal Wiwoho selaku Rektor sekaligus anggota MWA juga, yang seharusnya melakukan pembinaan. Memahamkan pada mahasiswa apa itu somasi. Namun dengan aksi yang kemarin terjadi dan Rektor yang menemui para peserta aksi, merupakan wujud dari kegagalan Rektor UNS dalam membina dan memimpin jajarannya,” ujar Taufiq, Jumat (3/2/2023).

Baca Juga :  UMS Launching SDGs Center

Taufiq menambahkan, pihaknya menyayangkan hal itu terjadi. Karena seharusnya permasalahan internal yang terjadi dapat difasilitasi dan diselesaikan justru melebar dengan melibatkan para mahasiswa.

“Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2020 Tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Sebelas Maret, di pasal 37 huruf (g) tertulis bahwa tugas Rektor UNS diantaranya adalah ‘membina dan mengembangkan hubungan baik dengan lingkungan, masyarakat dan alumni. Tentu apa yang tertuang dalam PP tersebut belum dilaksanakan dengan baik oleh Rektor UNS, buktinya masih terjadi kegaduhan, yang ironisnya di inisiasi oleh tenaga pendidik di lingkungan UNS,” bebernya.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

Sementara itu, Taufiq menuturkan, persoalan terjadi diawali dari somasi kepada Dekan FKOR untuk mengklarifikasi ucapannya yang sudah tersebar di dalam Whatsapp Group yang diduga telah mencemarkan nama baik dari MWA (Majelis Wali Amanat).

“Sangat disayangkan dalam orasi-orasinya mahasiswa FKOR bertindak tidak sopan terhadap Wakil Ketua MWA yang meneriaki dan seolah-olah menantang Prof. Hasan Fauzi, hal ini sungguh sangat memprihatinkan karena mereka adalah mahasiswa UNS yang seharusnya terpelajar dan wajib untuk menjaga citra kampus UNS. Agar tidak tercoreng oleh ulah dari seglintir oknum UNS yang menginginkan terjadinya perpecahan di lingkungan kampus UNS,” tandasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com