JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

11 Menu Sahur Ini Cocok untuk Anak Kos, Praktis dan Irit

Ilustrasi/Foto: Ist
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Melaksanakan makan sahur dianjurkan agar ibadah puasa yang dilakukan seharian bisa berjalan lancar dan penuh keberkahan. Bagi orang yang tinggal di rumah sendiri tentu akan lebih leluasa menyiapkan kebutuhan untuk ibadah puasa termasuk menyiapkan makanan untuk berbuka puasa dan makan sahur.

Tetapi berbeda dengan anak kos, banyak dari mereka sering melewatkan waktu sahur karena terkendala malas memasak ataupun telat bangun sahur.

Bahkan beberapa diantaranya tidak bisa melaksanakan sahur karena kondisi keuangan yang menipis, untuk itu 11 menu sahur praktis untuk anak kost yang dapat dicoba sebagai menu simple dan praktis untuk sahur di bulan Ramadhan tahun 2023 ini.

1. Nugget
Nugget merupakan menu sahur anak kos yang berisi olahan daging ayam dan campuran tepung, bumbu, serta air. Nugget bisa Anda masak dengan mudah dan praktis hanya dengan menggorengnya saja sampai kuning keemasan.

2. Mie Instan
Menu sahur anak kos yang tidak boleh ketinggalan yakni mie instan. Selain super praktis, mie ini mempunyai beragam rasa yang bisa Anda pilih sesuka hati. Mie instan memang enak, namun diharapkan untuk mengkonsumsi sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.

3. Abon
Abon bisa Anda jadikan solusi sebagai menu sahur anak kos tanpa kompor yang rasanya tetap nikmat dan lezat, walau hanya ditaburkan keatas nasi hangat. Bagi Anda si anak kos, wajib hukumnya untuk selalu menyediakan abon untuk dijadikan menu sahur super instan dan ekonomis selama bulan ramadhan.

4. Kornet
Kornet merupakan daging sapi yang diawetkan dalam air garam dan kemudian dimasak dengan cara direbus. Menu sahur super mudah ini bisa Anda kreasikan menjadi berbagai menu hidangan lezat seperti bakso goreng kornet dan lainnya.

5. Sarden
Sarden memang tidak boleh ketinggalan sebagai lauk sahur untuk anak kos yang praktis dan mengenyangkan. Kandungan protein dan lemak baiknya memang sangat direkomendasikan agar tubuh tetap sehat dan bugar saat menjalani ibadah puasa seharian.

6. Susu
Menu sahur simple dengan konsumsi susu dan roti, atau bisa juga meminumnya setelah menyantap hidangan utama sahur memang dianjurkan agar kandungan protein dalam tubuh Anda terpenuhi.

7. Oatmeal
Oatmeal sangat cocok dijadikan sebagai menu sahur super praktis, berbagai oatmeal instan yang hanya diseduh dengan air hangat lalu diberikan topping sesuka hati Anda memang efektif sebagai menu sahur yang mengandung karbohidrat kompleks.

8. Telor Ceplok
Telor ceplok merupakan menu sahur sederhana anak kos yang selalu enak disantap dengan apapun, seperti menggunakan nasi hangat dan kecap ataupun nasi hangat dengan sambal kecap yang super pedas.

9. Smoothies
Menu sahur simple dan menyegarkan lainnya ialah smoothies, menu ini sangat cocok Anda jadikan menu andalan anak kos karena tidak perlu kompor dan membuatnya hanya 5 menit saja. Berbagai macam buah bisa Anda pilih, seperti pisang, strawberry, ataupun buah-buahan yang Anda sukai.

10. Sereal
Makanan sahur ini memang sangat mudah dibuat, karena hanya perlu dua bahan saja yakni susu uht dan sereal. Menu favorit banyak orang ini bisa Anda coba sebagai menu andalan anak kos di bulan puasa.

11. Roti Bakar
Roti bakar memang sangat nikmat, mudah, dan tentunya murah meriah. Membuat roti bakar di pan atau wajan dengan topping sesuai selera Anda adalah solusi paling cepat untuk membuat menu sahur super praktis.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi untuk melaksanakan sahur di bulan Ramadan, karena ternyata sahur praktis dan ekonomis bisa Anda lakukan dan buat sendiri di kamar kosan. Semua pilihan menu sahur di atas mudah disiapkan dan cukup mengenyangkan untuk membantu Anda tetap produktif sepanjang hari. Pastikan untuk memilih makanan yang sehat dan bergizi agar tubuh tetap sehat dan bugar selama bulan puasa.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com