JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah

Berbekal Olahan Jambu, Dosen Umsida Memukau Masyarakat Kebaron Tulangan

Peserta pelatihan olahan jambu antusias mengikuti pelatihan pembuatan produk turunan Jambu Merah di Kecamatan Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (14/3/2023) / istimewa
   

SIDOARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – “Wah, enak sekali ini. Lumayan pak, kalau ini dijadikan suguhan lebaran, ini pasti akan laris sekali,” kata seorang peserta sambil mengulum satu sendok kecil es krim jambu merah dalam pelatihan produk olahan jambu merah di Balai Desa Kebaron, Kecamatan Tulangan,  Selasa (14/3/2023).

Peserta tersebut mengaku salut dengan kreasi dosen Umsida, Ir Ida Agustini Saidi, MP yang menunjukkan berbagai olahan jambu merah, salah satunya adalah es krim jambu.

Kegiatan pelatihan tersebut diselenggarakan kelompok pengabdian masyarakat yang melakukan pendampingan di Desa Kebaron, Kecamatan Tulangan.

Selain Ida Saidi, kelompok tersebut  juga terdiri dari dosen dari disiplin ilmu lain, yakni Niko Fediyanto (Bahasa Inggris) dan Indah Apriliana (Teknik Industri).

Baca Juga :  Mobil Berkecepatan Tinggi Hilang Kendali dan Menggasak 3 Pedagang dan Satu Warga di Tangerang, 1 Tewas

Selain produk olahan dalam bentuk es krim, Ida juga menunjukkan kreasi lain berupa kembang gula leather yang juga berbahan dasar jambu merah.

“Saya baru tahu kalau ternyata jambu ini juga bisa diolah untuk dijadikan seperti ini,” kata salah seorang peserta lain.

Kebanyakan dari peserta yang merupakan tim penggerak PKK itu mengaku bahwa selama ini jambu merah hanya lazim dibuat jus buah.

“Rasanya enak, manis, sangat cocok untuk anak kecil,” timpalnya.

 

Ketua tim pengabdi tersebut, Niko Fediyanto, mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu upaya dosen Umsida dalam berpartisipasi dalam menyejahterakan masyarakat.

Baca Juga :  Mobil Berkecepatan Tinggi Hilang Kendali dan Menggasak 3 Pedagang dan Satu Warga di Tangerang, 1 Tewas

“Kami sangat berharap bahwa kegiatan seperti ini akan berlanjut di masa depan, sehingga betul-betul optimal,” jelasnya, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosesmarnews.

Gayung pun bersambut, pemerintah desa  dalam kesempatan tersebut juga menyatakan bahwa pemerintah desa mengapresiasi positif kegiatan pengabdian masyarakat ini.

“Sebelumya kami juga sudah pernah bekerja sama dengan Umsida. Kami juga sangat terbuka jika Umsida hendak berbagi ilmu kepada masyarakat di desa ini,” jelas Sekretaris Desa Kebaron, Nyoto, dalam kesempatan yang sama. Suhamdani

 

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com