JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Dramatis! Banjir Malam Hari di Songgorunggi, Karanganyar, 20 Orang Dievakuasi Gunakan Perahu Karet

Masjid Agung Karanganyar pun terendam banjir akibat hujan deras Selasa (14/3/2023) sore / Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Banjir setinggi paha orang dewasa yang terjadi di Dusun Songgorunggi, Jaten, Karanganyar, Jateng, Selasa (14/3/2023) malam sekitar pukul 20.40 WIB sangat dramatis.

Hingga berita ini diturunkan air masih menggenang sebanyak 25 rumah warga karena luapan dari sungai terdekat dan untuk evakuasi terpaksa gunakan perahu karet karena banyak anak kecil.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar bersama relawan perangkat desa dan warga bergerak cepat terjun kelokasi dan melakukan evakuasi. Ada yang dilakukan evakuasi manual serta evaluasi dengan menggendong teruama bagi Balita.

Petugas BPBD Karanganyar berada di jalan yang tergenang banjir / Foto: Beni Indra

“Target kami evakuasi berjalan cepat maka bersama semua komponen baik relawan TNI-Polri, perangkat desa serta warga setempat segera mengungsikan sementara warga yang dievakuasi ketempat aman,” ungkap petugas BPBD Karanganyar, Agus (45) kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (14/3/2023).

Adapun rumah warga yang terdampak banjir sebanyak dua RT yakni RT01/RW06 dan RT02/05. Ba kit terjadi setelah hujan deras yang melanda Karanganyar kota dan sekitarnya selama satu jam konstan sehingga debit air naik dan sungai tidak mampu menampung air akhirnya sungai meluap.

Selain itu sungai di Dusun Songgorunggi diduga mengalami sedimentasi sehingga kedalaman sungai tidalah dalam memicu air meluap.

Sementara itu Indah Kusuma Wardani (38) warga Songgorunggi mengatakan setiap kali hujan berlangsung deras dengan durasi lama memicu banjir.

“Kami juga khawatir kadang air sampai depan rumah meski tidak sampai masuk kedalam rumah karena rumah saya agak tinggi,” ungkap Indah Kusuma Wardani saat dihubungi JOGLOSEMARNEWS.COM .

Hingga pukul 23.00 WIB Indah mengaku tetap siaga karena pergerakan air masih tinggi meski hujan sudah reda. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com