JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Fakultas Ilmu Kesehatan UMS Kini Miliki Profesor Ahli Gizi

Prof Dr Mutalazimah SKM. M.Kes saat menyampaikan pidato pengukuhan dirinya sebagai guru besar Ilmu Kesehatan UMS / Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Reputasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kian naik menyusul bertambahnya satu guru besar lagi, sehingga tercatat sudah memiliki 43 Guru Besar.

Bahkan kali ini merupakan Guru Besar pertama Fakultas Kesehatan UMS, yakni Prof Dr Mutalazimah SKM. M.Kes.

Pengukuhan Guru Besar Fakultas Kesehatan tersebut dilakukan Jumat (17/3/2023) di Gedung Auditorium Mohammad Djazman UMS, yang berlangsung khidmat.

Acara pengukuhan diawali dengan pembacaan kenaikan jabatan akademik dosen oleh Sekretaris Senat Nurgiyatna, M.Sc., PH.D berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nomor  74083/MPK.A/ KP.07.01/2022.

Pada pidato pengukuhan tersebut Prof Mutalazimah membacakan materi saat penelitiannya selama 21 tahun lalu berjudul ‘Mewaspadai Potensi Re-Emerging Issue Gangguan Akibat Kekurarangan Yodium (GAKY) di Daerah Endemis Defisiensi Yodium’.

Pada pidatonya Prof Mutalazimah mengungkapkan harapannya agar kondisi kesehatan terutama karena kekurangan yodium, dapat diatasi terutama pada anak-anak.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

“Kata mewaspadai merupakan bentuk dari makna kehati-hatian, melalui berbagai upaya pencegahan secara terus menerus dan berkelanjutan agar tidak terjadi kembali permasalahan GAKY, yang pernah menjadi sejarah kelabu terhambatnya kualitas sumber daya manusia di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Senat UMS, Prof Dr Sofyan Anif, M.Si pada sambutannya mengungkapkan harapannya untuk dapat terus menambah jumlah guru besar, sesuai dengan

visi dan misi UMS pada 2025 mendatang yakni  menjadikan 10% dosen UMS memiliki jabatan guru besar.

“Mudah-mudahan dapat disusul dengan guru-guru besar lainnya dari Fakultas Ilmu Kesehatan sekaligus dengan adanya tambahan satu orang Profesor dapat menambah reputasi UMS,” ungkap Prof Sofyan Anif melalui rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM .

Prof Sofyan Anif menegaskan, target Tahun 2025 bisa tercapai 10% dosen UMS yang memiliki jabatan akademik guru besar.

Sebagai informasi,  Prof Mutalazimah memulai karir pada bidang Ilmu Gizinya di Depkes Malang pada jenjang D3.

Baca Juga :  Siswa Siswi Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Surakarta Ikuti Halal Bi Halal dan Sungkeman

Dia menjadi guru besar ke-43 di UMS dan merupakan sedikit dari ahli gizi yang mempunyai predikat profesor di Indonesia. Hal ini berdasarkan data dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI).

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah, Bhimo Widyo Andoko, SH, MH mengungkapkan kegiatan pengukuhan Gubes  merupakan momen yang patut disyukuri, karena UMS menjadi Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki jumlah guru besar terbanyak se-Jawa Tengah.

“Hari ini merupakan momentum yang patut disyukuri, karena Universitas Muhammadiyah Surakarta merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki guru besar terbanyak di Jawa Tengah,” ungkap Bhimo.

Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan testimoni yang disampaikan oleh perwakilan keluarga Guru Besar, yakni Drs Adhim Dimyati.

“Kami 13 keluarga, dan semua bisa nyanyi. Sebagai keluarga petani, kami terbiasa menghalau burung, jadi suaranya kencang-kencang,” papar Kakak Sulung Prof Mutalazimah. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com