JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Hari Jadi ke-266 Pura Mangkunegaran, RAN, Marion Jola Hingga Vina “Si Burung Camar” Panduwinata Bakal Sapa Penggemar di Solo

Jumpa pers terkait peringatan Hari Jadi ke-266 Pura Mangkunegaran yang akan jatuh pada Minggu (12/3/2023) / Foto: Ando
   

SOLO, JOGLOSEMAZRNEWS.COM – Sejumlah musisi ibu kota bakal memeriahkan peringatan hari jadi atau Adeging Pura Mangkunegaran ke-266 yang bakal digelar pada Minggu (12/3/2023) nanti.

Para musisi yang akan hadir di antaranya adalah RAN, Marion Jola hingga penyanyi senior si “Burung Camar” Vina Panduwinata.

Selain itu, suasana bakal dimeriahkan oleh penampilan grup musik Diskoria, penyanyi Brigitta Hardi bersama Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Menurut Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegoro X, alasan mengusung festival musik dan kuliner adalah sebagai media interaksi dengan masyarakat luas.

Baca Juga :  Peserta KKNMAs Mulai Tiba di Solo, UMS Berikan Pelayanan Terbaik

“Mangkunegaran sudah berdiri 265 tahun dan sebentar lagi 266 tahun. Untuk itu kami akan menyelenggarakan beberapa acara untuk memperingatinya seperti festival musik dan kuliner,” ujarnya.

Mangkunagara X mengungkapkan, festival musik dan kuliner bersifat universal dan bisa dirasakan semua kalangan. Selain itu, dirinya juga mengikuti perkembangan zaman.

“Ya ini festival musik dan kuliner juga dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan penerimaan masyarakat secara luas pada Pura Mangkunegaran. Apalagi di usia ini, Puro Mangkunegaran masih terus amanah sebagai pusat kebudayaan di Kota Solo,” paparnya.

Baca Juga :  Tak Hanya Blusukan, Gusti Bhre Juga Sowan ke Tokoh Agama

Untuk festival musik, kata Mangkunagara X, juga akan menghadirkan tribute untuk almarhum Didi Kempot. Sedangkan untuk kulinernya, akan menghidangkan makanan khas Kota Solo.

“Untuk festival kuliner Laras Hati kami mengangkat narasi makanan khas Solo. Sedangkan musik ini bukan hanya hiburan tetapi juga menyampaikan pesan dan komunikasi,” pungkasnya.

Melalui acara tersebut, Mangkunagara X itu berharap kebudayaan di Kota Solo bisa meningkat sehingga sifatnya bisa lebih universal, bisa mengangkat nilai kesenian yang berlandaskan kebudayaan. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com