JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Hujan Abu Merapi Guyur Sejumlah Desa di Kecamatan Selo, Boyolali

Gunung Merapi terpantau mengeluarkan awan panas guguran pada Sabtu siang 11 Maret 2023 sekitar pukul 12.12 WIB / Dok. BPPTKG via tempo.co
ย ย ย 

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Erupsi Gunung Merapi berdampak pada terjadinya hujan abu yangย  mengguyur sejumlah desa di Kecamatan Selo, Boyolali, Sabtu (11/3/2023) siang.

Dua desa yang setidaknya diguyur hujan abu adalah wilayah Desa Tlogolele dan Desa Klakah. Di Desa Klakah setidaknya hujan abu mengguyur enam dusun.

Akibatnya, demi keamanan dan menjaga kewaspadaan, banyak warga yang menghentikan aktivitasnya di luar rumah. Hingga kini pun hujan abu masih mengguyur.

โ€œUntunglah warga juga tidak panik dan menghentikan aktivitas di luar rumah. Saat ini, warga berjaga-jaga atau beraktivitas di rumah hingga hujan abu mereda,” kata Kepala Desa Klakah, Marwoto.

Baca Juga :  Leptospirosis Tewaskan 1 Warga di Sleman, 8 Lainnya Terpapar

Marwoto pun memastikan, kondisi masih akan aman karena wilayah Desa Klakah hanya terdampak hujan abu.

Dia menambahkan, perangkat desa telah menyiapkan masker untuk dibagikan ke warga. Namun, lantaran hujan abu masih cukup deras, pembagian masker akan dilakukan begitu mereda.

“Ini masker kita sudah siap. Tapi mau membagikan, abunya masih turun maka belum memungkinkan tadi,” katanya.

Lebih lanjut dia menambahkan pemerintah desa setempat juga telah mengimbau masyarakat terkait kondisi Merapi itu.

“Kita tetap waspada terhadap abu vulkanik. Standby di rumah dulu, aktivitas di rumah saja. Kalau nanti reda, mau aktivitas di luar rumah pakai masker. Agar lebih aman,” ucapnya.

Baca Juga :  2 Pengunjung Lapas Kelas II A Yogya Ditangkap Gegara Selundupkan Obat Terlarang

Bagikan Masker di Jalan

Sementara itu, Relawan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), Selo, Mujianto, mengatakan APG terjadi sekitar pukul 12.12 WIB. Informasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), awan panas guguran (APG) mengarah ke Kali Bebeng atau Krasak.

“Benar, saat ini APG masih ada susulan. Saat ini, kami masih mengondisikan masker untuk pengguna jalan di Desa Tlogolele,” kata Mujianto saat dihubungi Tempo, Sabtu (11/3/2023) siang.

Saat ini masyarakat telah diminta untuk menjauhi daerah bahaya, yakni, jarak 7 kilometer dari Puncak Gunung Merapi, di alur Kali Bebeng dan Krasak.

www.tempo.co

 

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com