JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Mahasiswa FK UNS Tewas Terjatuh dari Tebing 37 Meter Saat Ikut Susur Goa Braholo di Gunungkidul

Tim SAR gabungan mengevakuasi mahasiswa mapala UNS Solo yang terjatuh di gua Gunungkidul Minggu, 26 Maret 2023. Tempo.co/Dok. Basarnas DIY
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Seorang mahasiswa pecinta alam (Mapala) dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Noval Bachrul Ulum, tewas setelah terjatuh di Goa Braholo, Tepus, Gunungkidul, DIY, Minggu (26/3/2023).

Korban merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran asal Tegal, Jawa Tengah. Ia terjatuh dari tebing goa setinggi sekitar 37 meter.

Saat itu, korban merupakan anggota Mapala Vagus UNS bersama rekan-rekannya sedang mengadakan kegiatan susur goa.

“Korban berhasil dievakuasi tim SAR gabungan sekitar pukul 16.30 WIB, ditemukan dalam kondisi meninggal,” kata Koordinator Pos Basarnas Gunungkidul, Sulis Haryanto, Minggu petang.

Baca Juga :  Dari Jakarta Langsung Temua Gus Miftah di Ponpes Ora Aji, Gibran Mengaku Hanya Silaturahmi Saja

Sulis membeberkan kalau awalnya Noval bersama dua rekannya tiba di kawasan gua itu sekitar pukul 09.00 WIB. Mereka lantas mulai memasang tali keamanan atau safety di atas tebing gua. Setelah tali terpasang, melanjutkan mencari titik anchor atau pengait untuk mengikat tali karmantel yang berfungsi untuk menuruni tebing gua itu.

Sesaat kemudian, Noval berhasil menemukan titik batu yang akan digunakan sebagai anchor dan tali mulai diikatkan pada batu itu. Nahas, saat akan menaruh bantalan tali karamantel, tiba-tiba pemuda 22 tahun itu tergelincir jatuh.

Baca Juga :  Gagal Njambret Wanita, Warga Yogya Ini Jatuh dari Motor dan Nyaris Diamuk Massa

Noval dituturkan masih sempat berteriak karena tertahan oleh tali pengamannya. Namun batu yang digunakan untuk mengikat tali pengaman itu ternyata tidak kuat menahan berat badannya dan hancur. Akibatnya korban langsung terjatuh ke dasar gua sedalam 37 meter itu.

Rekan Noval kemudian mencoba memanggil-manggil dari atas gua namun tak ada respon. Mereka lantas menuju arah Pantai Siung meminta bantuan tim SAR.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com