JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Rasanya Legit Manis, Ini Kandungan Nutrisi Kurma dan Manfaatnya

Buah kurma. Foto: Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Kurma merupakan salah satu buah kering yang dijadikan camilan yang banyak dikonsumsi saat bulan Ramadan. Lantas alasan apa kurma banyak dikonsumsi saat berbuka puasa?

Ternyata hal itu berhubungan dengan glukosa yang dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa. Mengutip Harvard Health Publishing, gula darah dibutuhkan untuk otot dan otak. Saat berpuasa, gula darah akan turun, sehingga dibutuhkan asupan glukosa dari makanan manis.

Selain manis, kurma merupakan camilan yang kaya nutrisi, sehingga baik untuk berbuka puasa. Kandungan kalori kurma mirip dengan buah-buahan kering lainnya, seperti kismis dan buah ara, yakni sebesar 277 kalori.

Sebagian besar kalori dalam kurma bersumber dari karbohidrat. Sisanya dari kandungan protein yang kecil. Manfaat kurma mengandung beberapa vitamin dan mineral penting.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Kandungan nutrisi kurma

Mengutip Healthline, beberapa kandungan nutrisi kurma, yaitu:

1. Tinggi serat

Porsi 3,5 ons kurma mengandung serat sebesar 7 gram.

Serat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar. Serat kurma juga bermanfaat untuk mengendalikan gula darah. Serat membantu mencegah kadar gula darah melonjak terlalu tinggi setelah makan.

2. Antioksidan

Kurma menyediakan berbagai antioksidan yang bermanfaat menurunkan risiko beberapa penyakit. Antioksidan melindungi sel dari risiko buruk radikal bebas penyebab penyakit.

Antioksidan kurma antara lain flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Flavonoid antioksidan kuat yang membantu mengurangi peradangan. Karotenoid membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko gangguan mata, seperti degenerasi makula. Asam fenolik bersifat antiperadangan.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

3. Polifenol

Mengutip Medical News Today, polifenol senyawa antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari peradangan. Kurma mengandung banyak polifenol daripada kebanyakan buah dan sayuran lainnya.

4. Kalium

Kurma tergolong buah kering yang tinggi kalium. Kalium merupakan elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan jantung. Kalium juga membantu membangun otot dan protein dalam tubuh.

5. Vitamin dan zat besi

Kurma tak hanya sekadar rasa manis, tapi juga menyediakan nutrisi penting, seperti vitamin B-6 dan zat besi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com