JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Rasanya Menyegarkan, Ini Manfaat Blewah untuk Kesehatan

Ilustrasi buah blewah. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Blewah merupakan buah yang menyegarkan dan menjadi buah favorit saat bulan puasa. Selain rasanya yang menyegarkan blewah bermanfaat untuk kesehatan.

Blewah termasuk dalam labu-labuan atau Cucurbitaceae, yang sangat mirip buah melon atau timun.

Blewah biasanya dikonsumsi sebagai minuman es buah yang dicampur dengan buah lain. Di saat bulan puasa buah ini banyak diminati orang.

Manfaat buah blewah

Mengutip Medical News Today, manfaat blewah antara lain, yaitu:

1. Degenerasi makula yang berhubungan dengan usia

Lutein dan zeaxanthin dua antioksidan dan pigmen tanaman yang memberi buah dan sayuran warna kuning merah. Blewah berhubungan dengan kesehatan mata dan bisa membantu mencegah kerusakan dari degenerasi makula terkait usia (AMD).

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

2. Asma

Beta karoten salah satu kandungan dalam buah kuning dan oranye, seperti blewah. Bobot 177 gram blewah mengandung 3.580 mikrogram beta karoten. Kandungan beta karoten bermanfaat baik untuk saluran pernapasan, salah satunya mencegah asma

3. Tekanan darah dan jantung

Serat, kalium, vitamin C, dan kolin dalam blewah mendukung kesehatan jantung. Konsumsi makanan yang mengandung kalium bermanfaat untuk tekanan darah. American Heart Association (AHA) menyarankan, rata-rata orang dewasa mengonsumsi 4.700 miligram kalium sehari untuk menjaga sistem jantung dan pembuluh darah tetap sehat.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

4. Pencernaan

Blewah memiliki kandungan air yang tinggi dan menyediakan serat yang cukup banyak. Serat dan air dapat membantu mencegah sembelit, meningkatkan keteraturan dan saluran pencernaan yang sehat.

5. Kandungan air

Kandungan air dan elektrolit blewah bermanfaat untuk meningkatkan asupan cairan, terutama saat musim panas atau setelah olahraga. Elektrolit dalam blewah termasuk natrium, kalium, kalsium, dan magnesium.

6. Kulit dan rambut

Vitamin A blewah membantu pertumbuhan dan pemeliharaan dari semua jaringan dalam tubuh, termasuk kulit dan rambut. Vitamin C blewah juga memungkinkan tubuh untuk memproduksi kolagen yang menyediakan struktur sel, kulit, dan rambut.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com