JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Satu Jam Lebih Cak Imin Temui Jokowi, Ternyata Ini yang Dibahas

Presiden Joko Widodo berjalan bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat menghadiri Muktamar V Partai Kebangkitan Bangsa di Nusa Dua, Bali, Selasa (20/8/2019) / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Satu jam lebih, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (Cak Imin) bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jumat (24/3/2023).

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Sekretaris Jenderal PKB yang juga Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda.

“Ya lumayan lama sih, dari jam 15.00 WIB sampai 16.00 WIB lebih,” kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah atau DPW PKB Jawa Barat ini saat dihubungi, Minggu (26/3/2023).

Syaiful menyebut berbagai isu dibahas dalam pertemuan Cak Imin dan Jokowi yang hanya digelar berdua saja, salah satunya soal persiapan Ramadan. Mengingat, pertemuan di gelar hari Jumat atau hari kedua bulan puasa Ramadan.

“Terus update politik, termasuk update menjelang pemilu, dan seterusnya,” kata Syaiful.

Berikutnya, Cak Imin juga bercerita ke Jokowi soal elektabilitas PKB yang terus naik dari berbagai lembaga survei seperti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada 2-11 Maret 2023.

Menurut survei itu, jika Pemilu dilakukan saat ini, maka PKB akan memperoleh 10,3 persen suara. Mereka hanya kalah dari PDIP yang memperoleh 23,4 persen dan Gerindra 14,1 persen.

Hasil yang sama juga diperoleh dari survei Indo Barometer yang dirilis 21 Maret lalu. Survei itu  menempatkan PKB di urutan ketiga setelah PDIP dan Gerindra.

Baca Juga :  Begini Luas Dampak Gempa Tuban, di Surabaya, 160 Pasien Dievakuasi dari RS Airlangga

Selain itu, pembahasan juga berlanjut terkait Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya antara Gerindra dan PKB. Sebagaimana diketahui, Jokowi beberapa waktu terakhir dilaporkan kerap mendorong Prabowo maju di Pemilu Presiden 2024.

Saat ditanya apakah dalam pertemuan itu Jokowi bertanya soal kelanjutan koalisi tersebut ke Cak Imin, Syaiful menjawab diplomatis.

“Ya dia melaporkan saja, Cak Imin-nya, soal koalisi yang masih on the track,” kata Syaiful.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid tidak membantah ihwal adanya pertemuan Jokowi dan Cak Imin di Istana. Akan tetapi, Jazilul justru tidak mengetahui apa saja yang dibahas dalam pertemuan kedua tokoh tersebut.

“Saya juga tidak tahu topik yang dibahas,” kata Jazilul saat dihubungi. Jazilul juga tidak mengetahui persis jam berapa Cak Imin bertemu dengan Jokowi di hari Jumat tersebut.

Pertemuan Jokowi dan Cak Imin ini sebelumnya tidak dipublikasikan oleh pihak Istana. Beberapa jam sebelum bertemu Cak Imin, Jokowi juga bertemu dengan Ketua DPR Puan Maharani di Istana.

 

Bertemu Puan dan Megawati

 

Sehari setelah pertemuan, Puan mengungkapkan dirinya membahas soal peta koalisi partai politik saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Jumat kemarin. Puan menyebut pertemuannya dengan Jokowi dilakukan dalam kapasitasnya sebagai Ketua DPR maupun sebagai Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP).

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Dalam kapasitasnya sebagai Ketua DPP PDIP, Puan Maharani menyampaikan sejumlah hal yang penting dan strategis terkait dengan pemenangan Pemilu 2024.

 

“Dan bagaimana merespons dinamika politik saat ini, termasuk gambaran kerja sama partai politik,” kata Puan dalam keterangannya, Sabtu, 25 Maret 2023.

Sebelumnya lagi,  Jokowi bersua dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Pertemuan ini digelar di Istana Negara pada Sabtu, 18 Maret 2023 dan berlangsung selama tiga jam.

Saat ditanya apakah isi pertemuan itu membahas soal calon presiden dari PDIP, Jokowi membenarkan.

“Ya itu kira-kira, mengenai 2024,” ujar Jokowi saat ditemui di Jakarta Pusat, Senin (20/3/2023).

Adapun kala ditanya soal nama capres dari PDIP yang dibahas dalam pertemuan itu, Jokowi menolak menjawab. Ia meminta awak media bertanya kepada Megawati langsung.

Jokowi menyebut dirinya hanya memberikan pandangan dari sisi angka. “Yang jelas saya memberikan pandangan-pandangan dari angka-angka yang kita miliki dan dari data yang kita miliki,” kata Jokowi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com