JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Segudang Manfaat Minyak Ikan untuk Bayi

Ilustrasi suplemen makanan minyak ikan. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Minyak ikan merupakan sumber omega-3 yakni EPA (Eicosapentaenoicacid) dan DHA (Docosahexaenoicacid). Asam lemak ini berperan penting bagi kesehatan dan nutrisi manusia.

Dikutip dari laman kkp.go.id, sumber minyak ikan dapat diproleh dari ikan yang mengandung lemak tinggi seperti famili Salmonidae, Clupeida, dan Scombridae. Contohnya ikan kod, ikan herring, ikan lemuru, dan ikan pelagis lainnya.

Dilansir dari sebuah studi berjudul Manfaat Minyak Ikan yang ditulis oleh Farah Zhafirah, minyak ikan memiliki banyak manfaat khususnya untuk bayi, seperti membantu perkembangan fisik dan motorik pada bayi.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Pada salah satu penelitian, minyak ikan telah dicampurkan pada bubur bayi dan hasilnya pertambahan berat badan dan perkembangan motorik bayi ke arah yang lebih baik.

Sebanyak 93,4 persen memiliki perkembangan motorik normal sesuai umurnya, dan 6,6 persen sisanya masih memiliki perkembangan berat badan dan psikomotorik yang terlambat, yaitu bayi yang berat badan awalnya sangat kurang dari standar WHO.

Manfaat lain dari minyak ikan untuk bayi adalah dapat meningkatkan kesehatan otak bayi, seperti memperbaiki daya ingat, berpikir, belajar hingga mempertimbangkan sesuatu. Bayi yang sudah diberikan minyak ikan sejak dini akan tumbuh menjadi anak yang pintar, sebab minyak ikan mengandung DHA yang baik untuk otak.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Tak hanya itu, mengonsumsi minyak ikan bagi bayi juga dapat mengurangi risiko penyakit asma dan meningkatkan kemampuan penglihatan. Polusi udara rentan membuat bayi mengalami asma sehingga asupan kaya EPA dan DHA harus diberikan pada bayi untuk mencegah asma. EPA dan DHA juga efektif untuk meningkatkan kesehatan mata.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com