JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Sriyanto Saputro Anggota DPRD Jateng Mendorong Melestarikan Tari Dolanan Bocah Dan Potensi Seni di Sragen Sebagai Aset Penting

Anggota DPRD jawa tengah Sriyanto Saputro dari partai Gerindra bersama Sanggar tari tancep Sragen | Huri Yanto
Anggota DPRD jawa tengah Sriyanto Saputro dari partai Gerindra bersama Sanggar tari tancep Sragen | Huri Yanto
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Dunia semakin maju dan berkembang, sejumlah budaya dan tradisi mulai ditinggalkan oleh generasi muda saat ini.

Guna menjaga tradisi dan budaya warisan leluhur, anggota DPRD jawa tengah Sriyanto Saputro dari partai Gerindra justru makin gencar dan mendorong budaya kesenian untuk terus semakin eksis walaupun jaman sudah berubah.

Sriyanto tidak sendiri, ia bersama Sanggar tari tancep Sragen dan sedap malam komitmen melestarikan tari dolanan bocah.

Bertempat di sanggar tari tancep, Kampung Sukorejo, Desa Kroyo, Kecamatan Karangmalang, Sragen menyampaikan bahwa selain mendukung dan mendorong kesenian dan budaya, ia juga mengajak berwirausaha melalui rias.

“Kita kebetulan ini terdiri dari para pengriyas dan salon yang mengadakan pelatihan dasar make up ibu ibu, sudah berjalan selama 2 bulan ini, dan ini sudah berjalan ke 5 kali ini ya, lha ini saya hadir kesini saya nengok lha ini luar biasa saya ikut bangga dengan pelatihan make up ini minimal untuk ibu ibu dan diri sendiri untuk menjadi penghasilan dari luar suami, yang lebih lagi nanti ada tingkat lanjutan dalam hal ini nanti bisa menjadi wirausaha baru,” kata Sriyanto Saputro, Selasa (14/3/2023).

Baca Juga :  Geger Mobil Baru Langsung Rusak, Anggota DPRD Tulungagung Juga Mengalami Kerusakan Mobil Usai Mengisi Dexlite di SPBU Sragen

Sriyanto sangat tertarik akan potensi kesenian dan budaya yang masih terjadi di kabupaten Sragen.

“Ini saya kira menarik diera saat ini dengan kreativitas, apa lagi disini kolaborasi dengan Widuri dan sangar, yang kedua terimakasih pada sangat seni tancep maupun sedap malam yang binaan dari pak Damen mengelar tarian dolanan bocah, saya kira ini penting anak anak jaman now tentunya yang seperti ini udah jarang, apa lagi dengan tari-tarian dan disini tadi sangat luar biasa,” jelasnya.

Dengan potensi tersebut, menurut Sriyanto hal itu akan menjadi aset penting bagi desa dan daerah.

“Lha ini aset sragen yang tentunya harus dikembangkan, lha ini kebetulan hadir pak kepala desa kroyo, dan ternyata di sukorejo ini menjadi kampung seni, aset kroyo, aset karangmalang, aset sragen saya sebagai wakil mereka tentunya punya kewajiban untuk nguri nguri agar sebisa mungkin menfasilitasi,” ujar Sriyanto.

Baca Juga :  Geger Warga Sragen Beli Mobil Baru Isi Bahan Bakar Dexlite di SPBU Jetak Sidoharjo Sragen Mesin Langsung Rusak, Komsumen Curigai Jual Dexlite Tidak Asli

Sementara itu, dengan bimbingan dan dukungan serta dorongan dari sosok Sriyanto Saputro, para pelaku wirausaha yang bergerak di make up semakin berkembang.

“Untuk widuri anggota luar biasa sekitar 80 an, dan pertama widuri pertama di kedungupit itu, sekarang mereka sudah mulai menggeliat dan berkarya di tempat orang hajat, lha ini tentunya di tularkan, mereka butuh generasi generasi penerus, tidak untuk diri sendiri tidak untuk lembaganya sendiri atau kelompoknya tadi aja dari peserta yang ikut ada 60 orang ini baru angkatan pertama, lha ini harapan kami ini terus berkembang dan berkelanjutan,” bebernya.

Dengan kolaborasi wakil rakyat dan masyarakat seperti ini, menurut Sriyanto tentu akan menambah dan meningkatkan ekonomi baru.

“Ini otomatis meningkatkan perekonomian karena mereka bisa menjadi perias , lha itu haraoan kita dan termasuk ekonomi kreatif yang harus kita kembangkan, ini keren,” ujarnya.

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com