JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jokowi Mengaku Dibuat Pusing dengan Pembatalan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam pembukaan Rakornas Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) se-Indonesia Tahun 2023, Selasa (17/1/2023) di SICC Sentul, Bogor / Youtube Sekretariat Presiden
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Presien Joko Widodo (Jokowi) mengaku betul-betul dibuat pusing dengan pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA.

“Urusan bola ini memang, pusing saya. Dua minggu ini gara-gara bola, pusing betul,” kata dia di acara silaturahmi Ramadan bersama ketua umum partai pendukung pemerintah di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023).

Untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia, menurut Jokowi, bukan perkara mudah. Setidaknya tiga tahun persiapan dilakukan, baik persiapan fisik, maupun non fisik.

Pemerintah, menurut Jokowi, harus bersaing dengan negara lain yang juga mengajukan diri menjadi tuan rumah. Pemerintah, juga harus melakukan lobi sana-sini untuk mendapatkan status tersebut.

Baca Juga :  1 Jam Rosan Roeslani Bertemu Pratikno, Membahas Susunan Kabinet untuk Pemerintahan Prabowo?

“Lobi sana lobi sini, menyampaikan kesiapan infrastruktur dan fasilitas kita,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, upaya Indonesia itu akhirnya membuahkan hasil. Setelah menjalani seleksi, Indonesia akhirnya bisa menyisihkan pesaing lainnya dan menjadi tuan rumah.

“Kita melakukan persiapan tiga tahun, lapangannya dicek, diperbaiki, dan kita menandatangani guarantee country house,” kata dia.

“Kemudian juga provinsi maupun kota yang ditunjuk itu juga ada tanda tangan city house komitmen ada semuanya tanda tangan.”

Namun, kata dia, akhirnya usaha pemerintah untuk menjadi tuan rumah itu pupus ketika FIFA memutuskan membatalkan status Indonesia menjadi tuan rumah.

Baca Juga :  Begini Luas Dampak Gempa Tuban, di Surabaya, 160 Pasien Dievakuasi dari RS Airlangga

Pembatalan itu diketahui diawali dengan penolakan sejumlah pihak mengenai keikutsertaan tim nasional Israel di Piala Dunia U-20. Salah satu yang pihak yang paling lantang menolak adalah PDIP, partai utama pendukung Jokowi.

Jokowi mengatakan tak ingin berkecil hati tentang pembatalan itu. Dia mengatakan peristiwa ini akan menjadi pembelajaran untuk Indonesia ke depannya.

“Ini sudah menjadi kehendak Allah, kita terima sebagai sebuah pembelajaran ke depan agar tidak terjadi lagi, itu aja yang bisa kita ambil pelajaran dari urusan bola, tapi haduh pusing betul urus bola,” kata dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com