JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

KAI Berikan Tiket Murah Pasca Lebaran, Ini Rinciannya

Pemudik tiba di Jakarta menggunakan Kereta Cikuray dari Stasiun Garut, di Stasiun Pasar Senen, Selasa (25/4/2023). KAI Daop 1 Jakarta memprediksi puncak arus balik Lebaran 2023 terjadi mulai 24-26 April 2023 yang bertepatan dengan berakhirnya masa cuti Lebaran / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM PT KAI memberikan potongan harga tiket kereta api bagi masyarakat, khususnya yang tinggal di wilayah Jabodetabek dan baru ingin berangkat mudik atau liburan pasca lebaran.

Potongan harga tersebut akan berlangsung hingga 3 Mei 2023 mendatang. Hal tersebut dilakukan karena volume keberangkatan dari Daop 1 Jakarta masih tergolong tinggi.

Tiket kereta api murah itu diberikan PT KAI untuk seluruh rute keberangkatan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) menuju berbagai tujuan.

Selain itu, tarif rendah tersebut juga berlaku untuk semua kelas yang ada, mulai dari Ekonomi hingga Eksekutif.

Lantas, berapa harga yang ditawarkan PT KAI untuk mudik pasca lebaran ini? Berikut informasi selengkapnya mengenai KAI tebar tiket kereta murah pasca lebaran, simak harga dan rutenya.

 

Harga dan Rute Tiket Kereta Murah

PT KAI memberikan tarif rendah untuk seluruh keberangkatan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) ke berbagai tujuan bagi masyarakat yang ingin berangkat mudik dan liburan setelah lebaran hingga 3 Mei 2023 mendatang. Harga spesial ini berlaku untuk seluruh kelas, mulai dari Ekonomi hingga Eksekutif.

Baca Juga :  Sudah 3 Kali Dapat Peringatan Keras, Giliran Ketua KPU Hasyim Asy’ari Dilaporkan Atas Tindakan Asusila

Adapun untuk tarif terendah bagi kelas Ekonomi adalah mulai dari Rp 150.000. Sedangkan untuk kelas Bisnis adalah Rp 280.000 dan kelas Eksekutif mulai dari Rp 330.000. Selain itu, tiket subkelas H, I, dan J pada kelas eksekutif juga akan dijual dengan harga spesial.

Subkelas H, I, dan J adalah subkelas tarif rendah yang biasanya dijual KAI pada periode yang bukan peak season. Sebagai contoh, tarif untuk KA Bromo Anggrek rute Gambir-Surabaya subkelas A berkisar antara Rp 800.000 hingga Rp 1 juta.

Tetapi, jika Anda membelinya pada periode promo ini, tarifnya menjadi sekitar Rp 700.000 untuk subkelas H, I, dan J.

Ketersediaan Tiket Kereta Murah

Jumlah ketersediaan kursi KAJJ dan tiket kereta murah ke berbagai tujuan untuk keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta tinggal tersisa sekitar 173 ribu tempat duduk. Jumlah ini hanya untuk keberangkatan pada tanggal 27 April hingga 3 Mei 2023.

 

Oleh sebab itu, masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik dengan tarif rendah diharapkan segera melakukan pemesanan tiket untuk jadwal perjalanan hingga 3 Mei 2023 mendatang. Pemesanan tiket kereta lebaran ini dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan seluruh jaringan penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI, seperti Traveloka, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Pemindahan ASN ke IKN Dimulai September 2024, Yang Sudah Menikah Boleh Bawa Keluarganya

Adapun sejumlah kota yang banyak menjadi tujuan favorit pengguna kereta api, adalah Yogyakarta, Surabaya, Kutoarjo, Purwokerto, Semarang, Solo, Bandung, dan Tegal.

Volume Keberangkatan Masih Tinggi

Penjualan tiket kereta dengan tarif yang rendah pada periode pasca lebaran ini dilakukan pihak KAI guna memudahkan masyarakat untuk bepergian menggunakan mode transportasi yang satu ini. Selain itu, hal ini juga merupakan bentuk dukungan KAI terhadap himbauan pemerintah agar perjalanan arus balik masyarakat tidak terkonsentrasi pada tanggal 24 dan 25 April 2023.

Selain itu, kereta api juga memiliki banyak kelebihan dibanding moda transportasi lain di masa arus balik ini. Mulai dari bebas macet, tepat waktu, lebih nyaman dan aman, serta mampu mengurangi angka kecelakaan yang kerap terjadi di jalan raya saat arus mudik lebaran.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com