JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Setelah 3 Hari, Tim SAR Akhirnya Temukan Pelajar yang Terseret Ombak Parangtritis di Pantai Widuri

Evakuasi jasad wisatawan asal Subang Jawa Barat yang tenggelam di Pantai Parangtritis Yogya, Jumat (28/4/2023) / tempo.co
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Setelah tiga hari berjibaku lewat penelusuran laut dan darat, akhirnya Jumat (28/4/2023) tim pencari berhasil menemukan pelajar asal Subang, FA (14) yang hilang terseret ombak Parangtritis.

Korban ditemukan oleh tim pencari dalam kondisi meninggal dunia di Pantai Widuri. Pantai itu masih satu kawasan dengan Pantai Parangtritis dan Depok.

“Korban ditemukan pada pukul 12.48 WIB oleh tim SAR Gabungan saat melakukan penyisiran darat di pinggir Pantai Widuri atau sekitar 2,4 kilometer dari lokasi kejadian,” kata Humas Basarnas DIY, Pipit Eriyanto, Jumat (28/4/2023).

Sementara itu, dua rekan korban, pasca terseret bisa diselamatkan tim SAR yang berpatroli.

Diketahui, sebelum kejadian korban bersama dua orang rekannya, MN dan ZG bermain di pantai Parangtritis pada Rabu (26/4/2023).

Baca Juga :  Selama Libur Lebaran 2024, Terjadi 9 Kecelakaan Laut di Wilayah DIY

Pipit mengatakan pencarian korban FA dilakukan selama tiga hari. Pada hari ketiga atau Jumat ini, tim membagi tugas menjadi empat kelompok dan melakukan pencarian sejak subuh atau pukul 05.00 WIB.

“Ada yang melakukan penyisiran darat dari Pantai Parangtritis ke arah timur sampai Pantai Parang Ndog,” kata Pipit.

Penyisiran darat juga dilakukan menggunakan trail dari Pantai Parangtritis ke arah barat sampai Pantai Parangkusumo dan Pantai Pelangi.

“Tim juga melaksanakan pencarian menggunakan empat unit jetsky dengan radius 1,5 kilometer dari lokasi kejadian,” kata Pipit.

Setelah jasad korban ditemukan, pada pukul 13.12 WIB, jasad dibawa ke Posko SAR Gabungan untuk dilanjutkan visum oleh Inafis Polda DIY.

Baca Juga :  Bus Terguling di Jalan Imogiri Panggang, 7 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

“Pada pukul 13.19 WIB hasil visum oleh Inafis Polda DIY menyatakan bahwa jenazah benar korban FA dan diserahkan kepada pihak keluarga,” kata Pipit.

Pada hari yang sama, Tim SAR Gabungan di Gunungkidul Yogyakarta juga menemukan kakak beradik asal Gunungkidul yang sempat dilaporkan hilang saat menyambangi Pantai Parangracuk, Kabupaten Gunungkidul, Kamis (27/4/2023).

Kakak beradik bernama AS (20) dan TH (29) itu pada Jumat (28/4/2023) ditemukan tim SAR dalam kondisi telah meninggal. Keduanya diketahui sempat bermain dan merekam aksi mereka di sekitar tebing pantai itu.

“Kedua korban AS dan TH berhasil ditemukan mengapung di laut dan dievakuasi oleh tim pada jam 15.30 WIB,” kata Sekretaris SAR Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Baron Surisdiyanto.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com