JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Akhirussanah, Ratusan Siswa MAN 1 Sragen Bikin Haru Orang Tua dan Guru, Kemenag Berharap: Melanjutkan Kuliah Daripada Nikah Muda

ย ย ย 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebanyak 429 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sragen kelas XII mengikuti kegiatan Akhirussanah tahun pelajaran 2022-2023, di Gedung Sasana Manggala Sukowati (SMS), Rabu (3/5/2023).

Akhirussanah kali ini MAN 1 Sragen mengambil tema “Nyalakan Mimpi Untuk Mengejar Bintang Masa Depan”.

Ratusan siswa kelas XII itu sengaja diberikan waktu melakukan kegiatan tersebut untuk sebagai bentuk terimakasih pada Guru dan orang tua yang selama ini mendidik dan berjuang membesarkan dengan ilmu dan kasih sayang selama 3 tahun belajar.

Dan guna menghadapi tantangan kedepan serta meneruskan ke pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Kepala Sekolah MAN 1 Sragen, Windrati SPd MPd mengatakan jumlah siswa yang menggelar Akhirussanah pada tahun sebanyak 429 siswa dan akan melanjutkan ke pendidikan perguruan tinggi.

“Kalau kita banyak kurang lebih 90an, karena siswa siswi kami meskipun tidak di negeri tapi mereka melanjutkan ke swasta, banyak yang melanjutkan ke UIN, paling banyak ke Semarang, Salatiga dan Solo, yang melalui SMBP itu sama PTKIN 104, dari SMBP 19, dari UIN PTKIN, lulusan 429 siswa,” ujarnya.

Menurut Windrati, sejak ia menjabat sebagai kepala sekolah di MAN 1 Sragen beberapa gebrakan yang terus dilakukan untuk bersaing dengan sekolah lain, salah satunya menggenjot prestasi para siswa dan siswi.

Baca Juga :  Prestasi Gemilang Bintang Lima dan Terbaik TOP BUMD Awards 2024: Inilah Bukti Keunggulan RSUD dr. Soeratno Gemolong Sragen

“Lha ini memang kita harus berjuang minimal itu kita target 50 persen harus ada, kita evaluasi fakto faktor prestasi pada anak yang harus kita genjot, sehingga dalam penilaian SMBP atau masuk perguruan tinggi tanpa tes ini istilahnya sekarang, kemarin bisa meningkat, insya’allahย  kami sudah siapkan trik trik untuk mensukseskan.

Tahun kemarin masuk kuliah semua sekitar 80 persen dan ini terus meningkat, kemarin yang masuk di perguruan tinggi negeri tanpa tes baru 9, lha ini sudah ke 19 dan kemudian dari 40 dan alhamdulilah saya berada di MAN 1 Sragen baru 17 bulan,” jelasnya.

Beberapa gebrakan lainnya dari MAN 1 Sragen yakni menjadi bagian penting beberapa ivent besar di Sragen, dan sering diminta untuk hadir.

“Tahun ini bisa mengebrak di kabupaten, ada ivent ivent tertentu yang selalu diminta pasti MAN 1 Sragen, kemarin visualisasi, PBB, perangkat desa se-kabupaten Sragen, hari jadi kabupaten Sragen dan nanti pengebar bendera juga MAN 1 Sragen,” tambahnya.

Sementara itu, acara Akhirussanah kali ini selain dihadiri orang tua siswa, guru juga turut hadir Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sragen, Ihsan Muhadi.

Ditemui disela-sela acara, Ihsan Muhadi menyampaikan Siswa MAN 1 Sragen setelah lulus siswa dan siswi bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

Baca Juga :  Puluhan Warga Geruduk Kantor Desa Pilang Masaran Sragen Tolak Pembangunan Tower, Warga: Ini Masalah Kesehatan Kami

“Tentunya kami mengapresiasi keluarga besar MAN 1 Sragen, hari ini sudah melakukan Akhirussanah siswa siswi kelas dua belas harapan saya anak anak selalu terbimbing dengan ilmu ilmu yang sudah didapatkan dari bapak ibu gurunya dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi berikutnya,” kata Ihsan Muhadi.

Ihsan Muhadi juga memberikan apresiasi dan harapan pada Guru dan Siswa agar bisa melakukan yabg terbaik untuk bangsa.

“Dan saya mengapresiasi kepada bapak guru sudah memberikan bimbingan peda anak semua, saatnya anak anak ini setelah belajar tiga tahun saatnya bisa melakukan sesuatu, ada 80 persen semua kuliah sisanya ada yang bekerja dan ada yang menikah, pengalaman tahun lalu pendidikan ke lebih tinggi, sragen jumlah aliah ada 12 yang 3 negeri yang lainnya swasta.

Insya’allah ini ada yang banyak kuliah dari pada nikah dan lainnya, apa lagi saat ini orang tua saat ini lebih terbuka untuk belajar, orang tua juga menginginkan ke jenjang berikutnya,” ujarnya.

Setelah acara selesai, beberapa hiburan penampilan group musik siswa dan puisi untuk orang tua dan guru membuat tamu yang hadir meneteskan air mata, terharu dengan anak anak mereka lulus tahun ini.

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com