JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Amien Rais Dipastikan Tak Masuk Daftar Bacaleg 2024 Partai Ummat

Amien Rais
Amien Rais / tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais dipastikan tidak masuk dalam daftar calon anggota legislatif (Caleg) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (11/5/2023) kemarin, Partai Ummat mendaftarkan 580 Bacaleg DPR RI 84 dapil seluruh Indonesia.

Ketua Bapilu Partai Ummat, Taufik Hidayat Udjo menjelaskan, dari jumlah itu, 288 Bacaleg atau nyaris 50 persen diantaranya adalah perempuan.

Dengan, begitu Partai Ummat telah memenuhi persyaratan minimal 30 persen Caleg perempuan seperti tercantum dalam Pasal 245 Undang-Undang Pemilu.

Taufik mengatakan rasa syukurnya, bahwa proses pengajuan pendaftaran nama Bacaleg DPR RI berjalan lancar. Dia pun optimis Partai Ummat akan lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold.

“Insya Allah kami dari partai Ummat sudah siap, sudah menyiapkan strategi dengan program- program untuk nantinya kami bisa lolos dari ketentuan parliamentary threshold 4 persen,” kata dia.

Baca Juga :  Tim Hukum Ganjar-Mahfud Serahkan Kesimpulan ke MK, Ini 5 Pelanggaran Fatal dalam Pilpres 2024

Sebagai partai baru memulai debutnya, kata Taufik, 84 dapil itu nantinya akan bekerja keras penuh dengan dedikasi tinggi, ikhlas dan tulus berjuang. Dimana kata Taufik, untuk menegakan keadilan, melawan kezhaliman.

“Sehingga kami harapkan, kami punya target 11 persen sesuai dengan tanggal 11 kami mendaftarkan hari ini,” ucapnya.

Dalam penyerahan daftar nama Bakal Caleg Partai Ummat, Amien Rais dan Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi, absen. Nazaruddin menyatakan keduanya mengutus tim Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu).

Perihal tidak masuknya Amien Rais dalam daftar Bacaleg 2024, Wakil Ketua Umum Partai Ummat, Nazaruddin menjelaskan, hal itu sudah sesuai.

Baca Juga :  Putusan Sengketa Pilpres 2024, Tinggal Menunggu Hati Nurani dan Keberanian MK

“Karena beliau saya kira lebih pas kalau tidak mencaleg,” katanya Nazaruddin di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Kamis (11/5/2023).

Menurut Nazaruddin, Amien dikenal sebagai tokoh bangsa, pendiri bangsa. Sehingga, menurut dia, Amien sepertinya memilih untuk tak lagi ikut dalam pertarungan menjadi anggota parlemen.

“Mungkin beliau lebih memilih peran-peran yang lain,” ucapnya.

Nazarudiin mengaku bahwa mulai dari persiapan syarat hingga menuju KPU RI, Tim Bapillu tidak mendapatkan arahan khusus dari Amien. Kalau pun ada pesan, kata dia, hanya perihal kesiapan prima syarat pengajuan bacaleg DPR RI, DPRD, DPD Partai Ummat.

“Kita menyelesaiakan dokumen ini lengkap, tidak ada kekurangan apapun. Dan kita bisa fokus ke pemenangan pemilu,” ujarnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com