JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Sederet Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Lagi

Bayam. pixabay
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM — Beberapa jenis makanan yang telah dimasak tidak dipanaskan berulang kali atau dipanaskan dengan cara yang salah. Hal itu kerena dapat meningkatkan risiko kontaminasi mikroba atau menghasilkan senyawa berbahaya.

Dengan berbagai pertimbangan, banyak orang memanaskan kembali sayur atau lauk dengan alasan praktis dan agar tidak basi.

Mengutip Times of India, berikut beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali:

1. Bayam

Bayam mengandung nitrat yang dapat berubah menjadi senyawa beracun jika dipanaskan berulang kali. Sebaiknya, konsumsi bayam segar atau rebus sebentar sebelum disajikan.

2. Telur rebus

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Jika telur rebus dipanaskan kembali dapat mengakibatkan perubahan tekstur dan rasa yang tidak enak. Jika ingin menghangatkannya, sebaiknya rebus kembali telur daripada memanaskannya dalam microwave.

3. Jamur

Jamur memiliki kandungan protein yang tinggi dan struktur yang lembut. Jika dipanaskan berlebihan, tekstur jamur bisa menjadi kenyal dan kurang enak. Disarankan untuk memanaskan jamur dengan suhu tinggi untuk menghindari tumbuhnya bakteri.

4. Kentang

Kentang goreng yang sudah digoreng sekali dan disimpan dalam suhu ruangan terlalu lama dapat menjadi lembek dan berpotensi berkembang biak bakteri. Jika ingin memanaskan kembali kentang goreng, sebaiknya lakukan sekali dengan suhu yang mencukupi untuk menghangatkannya.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

5. Nasi

Memanaskan nasi berulang kali dapat memicu pertumbuhan bakteri Bacillus cereus yang dapat menghasilkan racun yang menyebabkan keracunan makanan. Idealnya, panaskan nasi hanya satu kali dan pastikan suhu pemanasannya mencukupi untuk membunuh bakteri.

6. Ayam

Memanaskan ayam berulang kali dapat meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri yang berbahaya. Sebaiknya, panaskan ayam hanya satu kali dan pastikan suhu pemanasan mencapai minimal 74 derajat Celsius.

7. Seledri

Jika dipanaskan kembali, seledri dapat mempengaruhi beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti vitamin C dan beberapa senyawa antioksidan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com