JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Sederet Manfaat Mengonsumsi Buah Sawo secara Rutin

Buah sawo. Pixabay
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM Buah sawo merupakan buah yang memiliki rasa manis. Buah dengan warna coklat ini cukup mudah dijumpai di Indonesia.

Seperti buah pada umumnya, sawo juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Sawo mengandung vitamin E, A, dan C yang bermanfaat untuk melembabkan dan menjaga kesehatan kulit.

Dengan kandungan berbagai nutrisi, maka sawo baik dikonsumsi secara rutin dalam jumlah tertentu agar mendapatkan manfaatnya.

Rutin Mengonsumsi Buah Sawo

Dilansir dari Times of India, berikut adalah 5 manfaat mengonsumsi buah sawo secara rutin :

Meningkatkan sistem pencernaan

Buah sawo memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga menjadikannya pencahar alami yang sangat baik. Kandungan tersebut juga dapat membantu mengatasi sembelit, mendukung membran usus besar dan membuatnya tahan terhadap infeksi.

Anti-inflamasi

Menurut International Journal of Food Science and Nutrition, buah sawo memiliki kandungan tanin yang tinggi, yang berfungsi sebagai anti-inflamasi.

Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu memperbaiki kondisi saluran pencernaan melalui pencegahan penyakit seperti esofagitis, enteritis, sindrom iritasi usus, dan gastritis. Selain itu, tanin juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan dengan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Mengobati pilek dan batuk

Senyawa kimia yang terkandung dalam buah sawo telah terbukti dapat membantu mengatasi hidung tersumbat dan batuk kronis dengan mengeluarkan dahak dan lendir dari saluran hidung dan saluran pernapasan.

Menjaga kesehatan tulang

Buah sawo mengandung kalsium, fosfor, dan zat besi yang merupakan sumber utama yang dibutuhkan tulang untuk meningkatkan daya tahannya. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat membantu memperkuat tulang.

Tembaga, kandungan lain dalam buah sawo, sangat penting untuk pertumbuhan tulang, jaringan ikat, dan otot. Kekurangan tembaga dapat meningkatkan risiko osteoporosis, kelemahan otot, kerusakan tulang, dan sendi lemah.

Menurut studi, asupan tembaga, mangan, seng, dan kalisum dapat memperlambat pengeroposan tulang pada wanita yang lebih tua.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Antioksidan

Buah sawo kaya akan vitamin E, A, dan C yang bermanfaat untuk melembabkan dan menjaga kesehatan kulit. Kehadiran antioksidan seperti asam askorbat, polifenol, dan flavonoid juga dapat membantu mengurangi kerutan dan membuat kulit menjadi plumpy.

Tak hanya itu, minyak biji sawo telah terbukti dapat membantu melembabkan kulit kepala, melembutkan rambut, dan mengobati rambut rontok karena dematitis seboroik.

Itulah 5 manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah sawo secara rutin. Meski daging buahnya aman untuk dimakan, pastikan untuk tidak menelan biji buah sawo.

Sebagaimana dilansir dari Healthline, beberapa varietas buah sawo mengandung biji hitam datar yang panjangnya sekitar 2 cm. Biji tersebut memiliki kait yang menonjol di salah satu ujungnya dan bisa tersangkut di tenggorokan jika tertelan.

Selain itu, menurut penelitian, biji buah sawo mengandung senyawa saponin dan sapotinin yang dapat menyebabkan sakit perut dan muntah jika dikonsumsi lebih dari enam biji.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com