JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Magelang

Mahasiswa UNS Ajak Perangkat Desa Donorojo Magelang Perbaiki Tata Kelola Persuratan Sesuai EYD

Para mahasiswa mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP UNS berfoto bersama dengan perangkat desa Donorojo, Magelang peserta sosialisasi dan pendampingan EYD untuk perbaikan tata kelola persuratan / Istimewa
   

MAGELANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di UNS Surakarta terus bergulir.

Salah satunya adalah program hibah MBKM UNS melalui Sosialisasi dan Pendampingan Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD) untuk Perbaikan Tata Kelola Persuratan bagi Perangkat Desa Donorojo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Di bawah bimbingan Dr. Kundharu Saddhono, M.Hum. dan Dr. Budhi Setiawan, M.Pd, prograam ini diikuti oleh sejumlah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP UNS.

Melalui rilis yang dikirimkan ke Joglosemarnews dijelaskan, kegiatan yang berlangsung Sabtu (13/5/2023) dan Minggu (14/5/2023) itu dilaksanakan untuk memperbaiki tata kelola persuratan perangkat desa Donorojo dalam penggunaan EYD.

Saat pelaksanaan kegiatan dari program hibah MBKM ini, mahasiswa sebagai penyedia sarana pembelajaran secara langsung terjun ke lapangan.

Baca Juga :  5 Rumah dan Satu Mobil di Magelang Rusak Akibat Jatuhnya Balon Udara

Oleh karena itu, mahasiswa dapat memahami kondisi dan kebutuhan masyarakat di desa Donorojo sekaligus mampu merumuskan solusi dari permasalahan dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki sebagai proses pengembangan diri.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan untuk memperbaiki penggunaan EYD pada tata kelola persuratan perangkat desa di Donorojo dengan pelatihan dan pendampingan skill masyarakat dalam menentukan kata baku dan tidak baku yang digunakan dalam proses persuratan perangkat desa.

Masyarakat diberikan reward bagi yang berhasil menentukan kata baku dan tidak baku yang digunakan dalam proses persuratan perangkat desa secara menyeluruh.

Sosialisasi dan pendampingan diharapkan dijadikan sebagai ajang ‘melek’ EYD bagi masyarakat di Donorojo, Magelang.

Baca Juga :  5 Rumah dan Satu Mobil di Magelang Rusak Akibat Jatuhnya Balon Udara

Untuk diketahui, tim hibah MBKM UNS melalui Sosialisasi dan Pendampingan Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan untuk Perbaikan Tata Kelola Persuratan bagi Perangkat Desa Donorojo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terdiri dari lima orang personel.

Mereka adalah Alfi Syahidah Dyah Puspitasari, Arinda Oktariski Setyaningsih, Azizah Nur Imani, Desyntia Amanda Putri, Sunu Setiawan Utama.

Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama. Dengan kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat menghadapi tantangan dengan terjun langsung di lapangan sehingga meningkatkan kapasitas kepribadian, kebutuhan, dan kemandirian mahasiswa Hibah MBKM UNS.

Kegiatan ini juga mendukung dalam pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh Research Group Kajian Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia FKIP Universitas Sebelas Maret. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com