JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Segudang Manfaat Buah Durian bagi Kesehatan Tubuh

Kades Gempolan, Suhardi Jayus menunjukkan salah satu durian unggulan dari Gempolan. Foto/Wardoyo
Kades Gempolan, Suhardi Jayus menunjukkan salah satu durian unggulan dari Gempolan. Foto/Wardoyo
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Durian merupakan salah satu buah yang disukai banyak orang. Buah dengan kulit berduri tajam dan bau khas ini juga dianggap sebagai raja dari segala buah.

Rasanya yang khas membuat banyak orang ingin mencicipinya. Tetapi dibalik rasanya yang khas dan lezat, buah durian juga memiliki segudang menfaat untuk kesehatan.

Melansir laman Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, buah durian tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja. Tanaman durian juga bermanfaat untuk lingkungan dan bisa berguna untuk mencegah erosi di lahan-lahan miring.

Kemudian, bagian kayunya dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan atau perkakas. Selain tanamannya, ternyata durian juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Simak penjelasan mengenai manfaat durian.

1. Penangkal depresi yang alami
Vitamin B6 pada buah durian berperan memproduksi serotonin. Serotonin sendiri merupakan hormon yang membantu memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik dan membuat orang bisa merasa bahagia sehingga durian ini bisa menjadi salah satu obat alami bagi penderita depresi.

2. Menutrisi tulang dan gigi
Manfaat durian selanjutnya bisa menutrisi tulang dan gigi karena mengandung vitamin B1 dan B2. Keduanya menjadi nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

3. Tubuh tidak mudah lelah
Manfaat durian lain juga bisa membantu mengurangi tubuh dari kelelahan. Dalam 100 gram durian mengandung karbohidrat yang berfungsi untuk menambah energi. Apalagi jika aktivitas Anda sedang padat serta menguras pikiran dan tenaga.

4. Melancarkan pencernaan
Durian juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan karena kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat dalam durian membantu melancarkan sistem pencernaan. Dengan kata lain, Anda bisa terhindar dari sembelit dan diare.

5. Solusi untuk penderita anemia
Selain mengandung berbagai macam vitamin, buah durian juga mengandung asam folat. Asam folat yang ada dalam durian juga bisa mengatasi gejala anemia atau kekurangan darah. Jadi, jika mengalami anemia, buah ini bisa dikonsumsi untuk menambah darah.

6. Menstabilkan gula darah dalam tubuh
Durian juga memiliki kandungan mangan yang berguna mengontrol kadar gula dalam tubuh. Jika mengonsumsi dalam batas wajar, kadar gula di tubuh akan tetap normal walau buahnya manis.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

7. Kulit jadi lebih awet muda
Manfaat durian lain adalah kandungan vitamin C yang membantu menangkal radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga bisa memperlambat proses penuaan kulit dan wajah.

8. Mengatasi gangguan tidur
Ternyata, buah durian juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan tidur. Kandungan asam amino yang ada pada durian adalah triptofan yang dapat menjaga perasaan bahagia dan membuat perasaan lebih tenang dan rileks. Dengan suasana seperti itu, orang akan lebih mudah tertidur.

9. Meminimalisir kanker
Kandungan polifenol pada durian bisa menghambat pertumbuhan dan membunuh sel-sel kanker, seperti kanker payudara. Kandungan antioksidannya juga dapat mencegah kanker. Antioksidan tersebut dapat membantu menekan penumpukan radikal bebas pada tubuh.

10. Menjaga kesehatan tulang
Kalsium merupakan nutrisi yang baik untuk tulang. Namun, kalium juga tidak kalah penting. Kandungan kalium untuk kesehatan tulang ini bisa ditemukan pada buah durian. Jadi, buah durian juga bermanfaat bagi kesehatan tulang karena kandungan kaliumnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com