JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Mahasiswa UKDW Jogja Raih Hibah P2MW Kemendikbud Ristek untuk Produksi Pupuk Organik Cair

Mahasiswa UKDW Dutarya Galenda, Lorensia Puji Lestari, dan Timothy Ariel Saputra Yogyakarta berhasil meraih hibah Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Humas UKDW
ย ย ย 

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Tim mahasiswa Program Studi Biologi Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta berhasil meraih hibah Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Hibah tersebut diberikan untuk pengembangan usaha mereka yang berjudul โ€˜TandaTawa Mart Mikro Market POCโ€™.

Tim mahasiswa tersebut terdiri dari Dutarya Galenda, Lorensia Puji Lestari, dan Timothy Ariel Saputra. Mereka memulai usaha ini berawal dari kelompok studi mahasiswa Pemberdayaan dan Pengembangan Desa (P2D).

Ketua Tim, Dutarya Galenda menyampaikan inisiasi usaha โ€˜TandaTawa Mart Mikro Market POCโ€™ berawal dari kelompok studi mahasiswa Pemberdayaan dan Pengembangan Desa (P2D).

Baca Juga :  Terobosan Unik! Kelompok 124 KKN UNS Bekali Ibu-Ibu Wonosari Keterampilan Produksi Batik Shibori

โ€œKami mencoba berinovasi untuk dapat membantu menyalurkan ilmu pengetahuan yang kami dapat sehingga dapat diterapkan di pedesaan khususnya pada sektor pertanian, peternakan, dan perikanan,โ€ ujar Ketua Tim Dutarya Galenda dalam keterangan tertulis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (6/9/2023).

Salah satu permasalahan yang menarik perhatian tim adalah makin maraknya penggunaan pupuk kimia. Hal ini menyebabkan kondisi tanah di Indonesia sudah masuk dalam tahapan awal kerusakan tanah.

โ€œKami berharap dapat mengenalkan konsep integrated farming system dan berkolaborasi dengan berbagai pihak guna mendukung usaha tersebut,โ€ ujar Dutarya.

Lebih lanjut Dutarya mengatakan melalui program ini, masyarakat diharapkan lebih menyadari dampak penggunaan pupuk kimia terhadap lingkungan.

Baca Juga :  Terobosan Unik! Kelompok 124 KKN UNS Bekali Ibu-Ibu Wonosari Keterampilan Produksi Batik Shibori

โ€œDengan sistem campaign, kami akan terus memperkenalkan pupuk organic untuk menyelamatkan tanah dan meminimalisir kerusakan lingkungan,โ€ ujar Dutarya.

Program P2MW sendiri merupakan program pengembangan usaha yang ditujukan bagi mahasiswa yang sudah memiliki usaha. Program ini memberikan bantuan dana untuk pengembangan usaha mereka, sekaligus memberikan pendampingan dan pelatihan dalam mengelola usaha.

Tujuan dari program ini adalah untuk mendorong dan membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan agar dapat sukses dalam menjalankan dan mengembangkan usaha mereka. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan semangat kewirausahaan di lingkungan perguruan tinggi, sehingga dapat menciptakan lebih banyak wirausaha berkualitas dan berpotensi di masa depan. Wans

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com