Site icon JOGLOSEMAR NEWS

Distop Pencarian Korban Longsor Jaten Ngroto Kismantoro Wonogiri

Longsor

Pencarian korban longsor Jaten Ngroto Kismantoro Wonogiri itu. Dok. Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Akhirnya distop alias dihentikan pencarian korban longsor Jaten Ngroto Kismantoro Wonogiri.

Melalui rilis resmi yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Basarnas resmi menghentikan pencarian korban longsor Jaten Ngroto Kismantoro Wonogiri. Korban adalah warga yang tertimbun longsor di Dusun Jaten Desa Ngroto Kecamatan Kismantoro Wonogiri.

Penghentian pencarian korban longsor Jaten Ngroto Kismantoro Wonogiri dilakukan setelah hari ke-7 pencarian, Senin (11/12/2023).

Kapolsek Kismantoro Iptu Budiyanto mengatakan, penghentian pencarian korban longsor Jaten Ngroto Kismantoro Wonogiri itu dilakukan sejak sore (11/12/2023). Sebelum dihentikan, tim gabungan dipimpin Basarnas telah melakukan pencarian selama tujuh hari.

“Hari ini memang hari terakhir pencarian korban longsor Jaten Ngroto Kismantoro Wonogiri. Secara SOP sudah disampaikan oleh Koordinator Basarnas Surakarta. Dengan demikian, seluruh personel Basarnas sudah meninggalkan lokasi kejadian,” jelas Kapolsek Kismantoro Iptu Budiyanto.

Meski pencarian korban longsor Jaten Ngroto Kismantoro Wonogiri sudah dihentikan, Kapolsek Kismantoro Iptu Budiyanto mengatakan, petugas masih akan melakukan pemantauan di lokasi kejadian.

“BPBD TNI/Polri, pemerintah setempat dan masyarakat setempat masih tetap melaksanakan pemantauan di lokasi longsor,” jelas Kapolsek Kismantoro Iptu Budiyanto.

Kapolsek Kismantoro Iptu Budiyanto mengatakan tim SAR gabungan telah berupaya untuk mencari jasad korban. Namun, sayangnya hingga pencarian dihentikan, korban tak juga kunjung ditemukan.

Menurutnya, petugas yang melakukan pencarian juga mengalami kendala dengan material longsor yang cukup luas. Selain itu tidak ditemukannya barang-barang milik korban dan tanda-tanda keberadaan korban.

Selain itu, alat berat juga tidak bisa di turunkan untuk melakukan pencarian, hujan yang turun dalam beberapa hari terakhir juga menyulitkan petugas untuk mencari korban.

“Sesuai dengan kemampuan kita, sudah kita kerahkan semua kekuatan. Longsoran cukup luas dan Kedalaman timbunannya ada yang sampai 5 meter, dengan Medan yang curam dan sulit serta musim hujan pula. Keberadaan personel di lapangan juga berisiko tinggi, sampai saat ini aman semua personel,” tandas Kapolsek Kismantoro Iptu Budiyanto.

Sebelumnya diberitakan, peristiwa longsor terjadi di Dusun Jaten Desa Ngroto Kecamatan Kismantoro Wonogiri. Longsor itu terjadi Selasa (5/12/2023) sekitar pukul 08.30 WIB.

Adapun warga yang hilang, yakni Mijem (63). merupakan warga setempat. Saat kejadian korban tengah memupuk padi di lahan pertanian tersebut. Namun, tiba-tiba lahan pertanian yang terletak di perbukitan tersebut longsor dan menimpa korban. Aris Arianto

Exit mobile version