Beranda Edukasi Kesehatan Sederet Manfaat Minum Air Rendaman Mentimun, Apa Saja?

Sederet Manfaat Minum Air Rendaman Mentimun, Apa Saja?

Air rendaman mentimun. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM Air rendaman mentimun atau timun, merupakan minuman kaya nutrisi yang menyegarkan. Meminum air ini secara rutin bisa mendatkan sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan Anda.

Kandungan air yang tinggi dalam mentimun membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, sehingga menjaga tubuh tetap terhidrasi secara optimal.

Lantas apa saja manfaat minum air rendaman mentimun?

1. Hidrasi optimal

Air rendaman mentimun adalah sumber yang luar biasa untuk meningkatkan hidrasi tubuh. Kandungan air yang tinggi dalam mentimun membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, sehingga menjaga tubuh tetap terhidrasi secara optimal.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), tubuh manusia membutuhkan air yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Di mana untuk wanita perlu minum 2,2 liter (9 gelas) dan laki-laki membutuhkan 3 liter (13 gelas) air per hari.

2. Kaya antioksidan

Dikutip dari Healthline, mentimun mengandung antioksidan seperti flavonoid dan tannin, yang membantu melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif.

Baca Juga :  Pantas Saja Dijuluki Superfood, Ternyata Ini Segudang Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

3. Pemeliharaan kesehatan kulit

Kandungan air dan nutrisi dalam mentimun membantu menjaga kelembapan kulit. Minum air rendaman mentimun secara teratur dapat memberikan efek detoksifikasi, membersihkan kulit dari dalam dan membantu mengurangi peradangan, jerawat, serta keriput.

Dikutip dari Medical News Today, mengonsumsi air rendaman mentimun yang cukup juga akan membantu tubuh mengeluarkan racun. Selain itu, buah ini juga kaya dengan asam pantonenat atau vitamin B5, vitamin yang dikaitkan dengan penanganan jerawat.

4. Menurunkan berat badan

Air rendaman mentimun rendah kalori, namun kaya akan nutrisi. Minum air ini dapat membantu dalam program penurunan berat badan, terutama karena sifatnya yang mengenyangkan dan kemampuannya untuk meningkatkan metabolisme.

Apabila Anda sedang melakukan diet penurunan berat badan, infused water timun dapat menjadi pilihan air yang menyegarkan untuk menghindari minuman-minuman manis.

Mengganti minuman bergula dengan air timun diharapkan membantu Anda mencapai defisit kalori setiap harinya. Menjaga hidrasi tubuh, termasuk dengan infused water timun, juga membantu agar perut terasa kenyang.

Baca Juga :  Sederet Sayuran Tinggi Serat dan Kalsium, Apa Saja?

5. Menyegarkan napas

Kandungan zat antibakteri dalam mentimun membantu membersihkan mulut dan memberikan kesegaran pada napas. Air rendaman mentimun juga dapat membantu mengurangi bau mulut yang tidak sedap.

6. Meningkatkan pencernaan

Mentimun mengandung serat yang penting untuk pencernaan yang sehat. Air rendaman mentimun dapat membantu meningkatkan gerakan usus dan mencegah sembelit.

www.tempo.co