JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Deretan Makanan yang Baik bagi Penderita Asam Urat

Ilustrasi asam urat. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Asam urat merupakan suatu kondisi medis yang terjadi ketika terdapat penumpukan kristal asam urat di dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan peradangan dan nyeri pada sendi. Dikutip dari Healthline, penderita asam urat mengalami serangan nyeri, bengkak, dan radang sendi yang tiba-tiba dan parah.

Makanan atau minuman yang dikonsumsi dapat meningkatkan atau menurunkan kadar asam urat. Mengonsumsi makanan tinggi gula tambahan juga dapat menyebabkan produksi tubuh lebih banyak asam urat.

Dilansir dari WebMD, berikut beberapa makanan dan minuman yang baik untuk penderita asam urat.

1. Buah Jeruk

Buah-buahan baik untuk asam urat. Mengonsumsi jeruk, nanas, dan stroberi merupakan sumber vitamin C yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat dan membantu mencegah serangan asam urat.

Namun, jika mengonsumsi colchicine untuk mengatasi asam urat, jangan konsumsi jeruk bali. Hal itu dapat berinteraksi dengan obat-obatan.

2. Yoghurt

Bagi penderita asam urat, tambahkan yoghurt rendah lemak yang enak dengan beberapa buah beri untuk sarapan atau camilan. Protein tertentu dalam susu membantu memberi tahu tubuh untuk membuang asam urat.

3. Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin E, dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi serangan asam urat.

4. Ceri

Pigmen yang memberi warna ungu-merah tua pada ceri disebut antosianin. Pigmen ini dorongan antioksidan dan membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

5. Kacang

Kacang seperti kacang polong, buncis, dan lentil kaya akan protein yang bisa menetralkan asam urat dan bahkan dapat membantu menangkal serangan asam urat.

6. Air

Minum air adalah salah satu cara untuk membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh. Minum 8-16 gelas sehari jika menderita asam urat.

7. Kopi

Kopi mengandung kafein yang dapat membantu menurunkan risiko asam urat.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com