JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Kebakaran Kandang Ayam di Desa Gondanglegi Klego Boyolali Terbakar, Korban Alami Kerugian Hingga Rp 800 Juta

Kandang ayam milik Sukimin (57) warga Dukuh Gunungmijil, Desa Gondanglegi, Kecamatan Klego, Boyolali, Kamis (7/3/2024) pukul 23.45. Total kerugian ditaksir mencapai Rp 800 juta. Istimewa
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kandang ayam milik Sukimin (57) warga Dukuh Gunungmijil, Desa Gondanglegi, Kecamatan Klego, Boyolali. Total kerugian ditaksir mencapai Rp 800 juta.

Kandang yang terbakar berukuran 70 X 15 meter bertingkat yang berisi pakan ayam. Kebakaran dipicu adanya kebocoran pada blower. Sedangkan kandang satu lagi berisi 2.000 ekor ayam berusia 10 hari selamat. Hanya saja seluruh ayam tersebut mati karena kehabisan oksigen.

“Tak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian pada Kamis (7/3/2024) pukul 23.45 tersebut. Namun kerugian ditaksir mencapai Rp 800 juta,” ujar Kepala Satpol PP dan Damkar Boyolali, Sunarno, Jumat (8/3/2024).

Baca Juga :  Tebar Berkah Idul Adha, Elnusa Petrofin Bagikan Daging Kurban ke 15.525 Penerima Manfaat

Diduga, kejadian dipicu karena adanya kebocoran pada blower yang letaknya berdekatan dengan kandang berisi pakan ayam. “Mengingat pemilik kandang atau korban sempat mendengar adanya suara letupan dan disusul ledakan gas melon 3 kg,” katanya.

Dijelaskan, kejadian bermula saat korban bangun tidur menjelang tengah malam karena mendengar adanya suara letupan. Langsung dia mengecek ke belakang rumahnya. Ternyata kandang ayam miliknya yang berisi pakan sudah dilalap api.

Korban spontan berteriak minta tolong seraya memukul kentongan. Mendengar teriakan minta tolong, sejumlah warga terbangun dan berdatangan ke TKP. Hanya saja, mereka tidak bisa berbuat apa- apa karena api telanjur membesar.

Baca Juga :  Tebar Berkah Idul Adha, Elnusa Petrofin Bagikan Daging Kurban ke 15.525 Penerima Manfaat

“Pihak keluarga korban juga langsung melaporkan kejadian itu ke Pos Damkar Klego,” katanya.

Begitu menerima laporan, petugas bergegas mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman kebakaran. Butuh waktu 3 jam lebih bagi petugas untuk memadamkan api serta melakukan pendinginan.

“Dampak kebakaran juga mengakibatkan 2.000 ayam berusia 10 hari mati semua karena kehabisan oksigen. Ayam- ayam itu berada di kandang lainnya. Seluruh peralatan blower juga ikut terbakar,” katanya. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com