JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Meski Paling Populer, Kaesang Diprediksi Tak Maju dalam Pilkada Solo 2024

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep (tengah) didampingi Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni (kanan) dan Anggota Dewan Pembina PSI Giring Ganesha bersiap menggelar rapat perdana dengan sejumlah jajaran pengurus PSI di Gedung DPP PSI, Jakarta, Selasa (26/9/2024) | tempo.co
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Nama putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep menduduki peringkat pertama popularitas dalam jajak pendapat kandidat cawalkot Solo 2024. Meski populer, Kaesang diprediksi tidak akan meramaikan kontestasi Pilwakot Solo 2024 tersebut.

Peneliti Soloraya Poling sekaligus dosen Unisri Solo, Suwardi mengungkapkan, keikutsertaan Kaesang dalam Pilkada Solo bakal meningkatkan resistensi masyarakat terhadap rezim Joko Widodo (Jokowi). Hal itu berkaitan erat dengan politik dinasti.

“Termasuk jika Kaesang menjadi menteri. Namun kalau menjadi Menteri, dia bakal memperoleh panggung politik selama 5 tahun. Juga akan menguasai sumber daya di kementerian yang ia pimpin. Sehingga cukup penting untuk membesarkan partai yang ia pimpin,” ujarnya, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga :  Rudy Ingatkan KPU Soal Coklit: Tidak Sekedar Mencocokan dan Meneliti, Tapi...

Di sisi lain, Suwardi menyebut posisi Kaesang sebagai Ketum Partai menjadi pertimbangan lain dirinya tidak mengikuti kontestasi Pilkada Solo 2024.

“Saya tidak yakin dia mau perang di Pilkada Solo. Karena Mas Kaesang itu ketua PSI. Walaupun tidak lolos parlemen,” tukasnya.

Dengan demikian, kontestasi Pilwakot Solo 2024 diprediksi hanya akan diikuti dua tokoh yaitu Teguh Prakosa dan Mangkunagoro X atau dikenal juga dengan sebutan Gusti Bhre.

Sebelumnya, Nama Teguh Prakosa menduduki peringkat pertama bursa calon Wali Kota Solo 2024. Hal itu berdasarkan jajak pendapat Solo Raya Poling, yang dirilis Selasa (26/3/2024).

Baca Juga :  Spanduk Bernada Provokatif bertuliskan Spirit of Java, Spirit Suara-nya Warga Surakarta, bukan suara raja di Jembatan Kali Pepe Solo Dicopot Linmas

Diketahui, Teguh Prakosa menduduki peringkat pertama dengan nilai elektabiitas 35,3 persen. Posisi Wakil Wali Kota Solo tersebut disusul oleh Mangkunagoro X atau dikenal dengan Gusti Bhre dengan nilai elektabilitas 25,3 persen.

Sedangkan di posisi ketiga ada nama Kaesang Pangarep dengan angka elektabilitas 14,1 persen. Namun dari Segi Popularitas, nama Kaesang menduduki posisi pertama dengan nilai 92,9 persen.

Teguh Prakosa berada di nomor dua paling popularitas dengan angka 92,7 persen dan disusul Gusti Bhre dengan angka 78,5 persen. Diketahui, Solo Raya Poling melakukan survei terhadap 640 responden dari 80 titik di 54 Kelurahan di Kota Solo. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com