JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Diresmikan Wapres: Taman Balekambang Dibuka untuk Umum, Ada Pembatasan Jumlah Pengunjung Melalui Reservasi

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan penataan Taman Balekambang, Kamis (25/6/2024). Prihatsari
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan penataan Taman Balekambang, Kamis (25/6/2024).

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono secara resmi meresmikan taman yang dibangun tahum 1921 tersebut.

“Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu modal utama untuk mencapai Indonesia Emas 2045. Ketersediaan infrastruktur diyakini mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan,” ujar Ma’ruf Amin.

Penampakan salah satu sudut Taman Balekambang. Prihatsari

Ma’ruf menambahkan, pembangunan infrastruktur menjadi salah satu prioritas utama pemerintah. Menurutnya, pembangunan infrastruktur tidak semata-mata pembangunan jalan tol, bandara, pelabuhan, dan bendungan tapi juga pembangunan pemukiman.

“Dengan infrastruktur pemukiman tertata, berkualitas, dan berkelanjutan diharapkan memberikan manfaat langsung bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat. Hal itu penting demi menjamin hak dan akses bagi warga negara atas lingkungan yang baik dan sehat,” bebernya.

Baca Juga :  Diskusi Ilmiah UMS, Bahas Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional Kuatkan Komunikasi Global

Sebagai upaya memenuhi hak ini, dikatakannya, pemerintah terus berkomitmen mengembangkan infrastruktur hijau di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya adalah pembangunan kawasan hijau dan ruang terbuka hijau di daerah perkotaan.

Ma’ruf berharap taman seluas 12,8 hektar tersebut tidak hanya berfungsi sebagai ruang terbuka hijau tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat edukasi dan pusat kegiatan seni serta kebudayaan lokal.

“Kehadiran Taman Balekambang diharapkan dapat berperan penting dalam menjaga ekologi dan kelestarian lingkungan dan mampu menjadi daya tarik wisata baru bagi wisatawan domestik dan mancanegara,” tukasnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menuturkan penataan kawasan Taman Balekambang menelan biaya Rp 170.173.617.300 melalui anggaran tahun 2022-2023 dengan sistem Kontrak Tahun Jamak.

Baca Juga :  Tingkatkan Semangat ASEAN dalam Hadapi Tantangan Global, Daops 6 Yogyakarta Hadirkan ARCEO's Conerence

“Dilaksanakan oleh Penyedia Jasa Konstruksi PT PP-Utama KSO pada tanggal 26 Agustus 2022 sampai 29 Desember 2023, dan telah dilaksanakan serah terima ke-1 (Provisional Hand Over) pada 26 Juni 2024,” tuturnya.

Dalam penataan kali ini, dibangun berbagai fasilitas di Taman Balekambang seperti gedung pertunjukan, Gedung Java Innovation Center (JIC) dan Gastronomi, pendopo kedatangan, amphitheatre, mina padi, dan fasilitas lainnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Solo Budi Murtono menambahkan, pembukaan Taman Balekambang gratis untuk masyarakat hanya berlaku pada hari peresmian saja. Selebihnya, akan diterapkan sistem reservasi untuk memasuki Taman Balekambang.

“Rencananya seperti itu. Menggunakan sistem reservasi dan terbatas pengunjungnya. Sampai pada nanti sudah ada kepastian pengelolaannya,” terangnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com