JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Haru, Puluhan Anak Penyintas Kanker Diajak Membatik di Pura Mangkunegaran bersama Mangkunegara X

Sebanyak 20 anak penyontas kanker diajak membatik di Pura Mangkunegaran, Rabu (24/7/2024). Mereka membatik dengan riang bersama Penguasa Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunagoro X. Istimewa
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sebanyak 20 anak penyintas kanker diajak membatik di Pura Mangkunegaran, Rabu (24/7/2024). Mereka membatik dengan riang bersama Penguasa Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunagoro X.

Dalam tajuk Mahakarya Batik Humanity in Harmony, kegiatan tersebut diadakan untuk menyambut Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2024. Ketua Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI) Sallyana Sorongan mengatakan anak-anak tersebut diajak untuk ikut membatik pada kain dengan panjang 15 meter.

“Kegiatan yang sama akan diadakan di Jakarta dan Yogyakarta juga. Total semuanya ada 50 anak, dengan panjang kain yang dibatik sepanjang 50 meter. Di Jakarta akan melibatkan 25 anak dan di Yogyakarta sebanyak 15 anak,” bebernya.

Baca Juga :  Perjalanan Bambang Gage, Pernah Jadi Makelar saat SMP Hingga Jadi Bakal Calon Wakil Walikota Solo

Nantinya kain 50 meter yang sudah dipenuhi oleh karya batik akan dipamerkan di Benteng Vredeburg Yogyakarta dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober 2024. Menurutnya, kegiatan tersebut sekaligus menghimpun dana untuk pengobatan anak-anak penderita kanker tersebut.

“Di sini anak perlu dilibatkan agar mereka semangat, bahwa program yang dibuat ini juga untuk mereka,” imbuh Sally.

Sementara itu, Mangkunagoro X mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan harmonisasi antara kesenian dan kemanusiaan.

“Kami di Mangkunegaran hanya sedikit membantu acara ini. Kami berterima kasih kepada Yayasan Kanker Indonesia dan Lions Club yang sudah menyelenggarakan acara ini. Adik-adik ini menjadi inspirasi dan contoh perjuangan. Ini hal yang menginspirasi. Adik-adik ini pehlawan sesungguhnya bagi saya. Harapannya kegiatan ini membawa kebahagiaan dan pengalaman bagi adik-adik,” ungkapnya.

Baca Juga :  Gandeng Polresta Surakarta, Tim KKN 266 UNS Sosialisasikan Pencegahan Kriminalitas di Kelurahan Kestalan

Di sisi lain, Presiden Lions Club Solo Vonny Nugroho mengatakan sudah beberapa tahun terakhir melakukan kerja sama dengan Yayasan Kanker Anak Indonesia.

“Termasuk kaitannya untuk mencari dana untuk keberlangsungan mereka. Pada prinsipnya kami mendukung kegiatan yang bersifat sosial dan pengabdian pada masyarakat,” katanya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com