JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Kloter 100 Tiba, Tanda Pemulangan Jemaah Haji Embarkasi Solo Resmi Berakhir

Para jemaah haji kloter 100 saat tiba kembali ke tanah air pada Senin (22/7/2024) pagi. Kedatangan mereka sekaligus menjadi penutup proses pemulangan jemaah haji embarkasi Solo | Foto: Waskita
ย ย ย 

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Kloter 100 Embarkasi Solo yang merupakan kloter terakhir tiba di tanah air, Senin (22/7/2024) pukul 08.24. Kedatangan kloter tersebut menandai berakhirnya prosesi pemulangan jemaah haji Embarkasi Solo.

Kloter 100 sebanyak 351 jemaah merupakan kloter sapu jagad. Jemaah kloter itu berasal dari berbagai daerah, antara lain Kabupaten Wonogiri, Temanggung, Jepara, Semarang, Rembang, Cilacap.

Kemudian Grobogan, Klaten, Batang, Brebes, Tegal, Banjarnegara, dan Kota Semarang. Selain dari Jawa Tengah, kloter terakhir ini juga berisi jemaah dari DIY, antara Sleman, Kulon Progo, Kota Yogyakarta.

Baca Juga :  Polri, TNI dan Masyarakat Bersinegi Cegah Karhutla di Juwangi, Boyolali

Humas PPIH Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi menjelaskan, total jemaah haji yang telah dipulangkan sebanyak 35.893 jemaah. Ada sebanyak 80 jemaah meninggal dunia di tanah suci dengan rincian 74 jemaah wafat dari Jawa Tengah dan 6 lainnya dari DIY.

โ€œSelain itu, masih ada 9 jemaah haji Embarkasi Solo saat dirawat di Tanah Suci,โ€ paparnya.

Ketua PPIH Embarkasi Solo, Musta’in Ahmad menambahkan, kondisi kesehatan jemaah yang sakit itu akan terus dipantau oleh petugas yang ada di Arab Saudi. Nantinya, setelah kondisi memungkinkan untuk mengikuti penerbangan, mereka akan dipulangkan ke tanah air.

Baca Juga :  Peringati Bulan Bakti Peternakan dan Hari Ikan Nasional, Beragam Kegiatan Digelar Pemkab Boyolali

โ€Itu menjadi tanggung jawab pemerintah. Ya karena kalau sakit gak bisa terbang. Sampai jemaah itu nanti layak terbang,โ€ lanjut dia.

Diungkapkan, pada musim haji sebelumnya kondisi yang sama juga terjadi. Namun, pemerintah dapat memulangkan jemaah dengan baik.

โ€œIni setiap tahun, kita ada yang seperti itu. Dan secara umum kita dapat melayani dengan baik,โ€ pungkasnya. ย Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com