JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Libatkan 36 Sekolah, Banyumas Jadi Pusat Uji Coba Program Susu Gratis Prabowo-Gibran

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), Nasrullah, saat sosialisasi gerakan minum susu bagi siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Pendopo Kecamatan Banyumas, Kamis (11/7/2024) | tribunnews
ย ย ย 

JOGLOSEMAR.COM, BANYUMAS โ€“ Sebanyak 36 sekolah di Kabupaten Banyumas akan dilibatkan dalam uji coba Program Susu Gratis Prabowo-Gibran, yang akan dimulai pada Agustus hingga Desember 2024 mendatang.

Kementerian Pertanian memastikan, Kecamatan Banyumas akan menjadi tempat uji coba pertama untuk program susu gratis tersebut. Wilayah tersebut telah dipilih sebagai lokasi pilot project program tersebut.

Sebagaimana diketahui, Susu Gratis merupakan inisiatif unggulan ย dari Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Uji coba pemberian susu gratis akan dilakukan di 34 Sekolah Dasar (SD) dan 2 Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Banyumas mulai Agustus hingga Desember 2024.

Baca Juga :  Kereta Cepat Whoosh Kemalingan Bantal 6 Kali Selama Juli 2024!

“Ini merupakan uji coba pertama di Indonesia,” kata Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Nasrullah seperti yang dilaporkan Tribunnews, Jumat (12/7/2024).

Nasrullah menambahkan bahwa salah satu fokus utama dari Presiden dan Wakil Presiden terpilih adalah menggalakkan konsumsi susu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia menuju Indonesia Emas 2045.

Alasan pemilihan Banyumas adalah karena adanya Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTUHPT) Baturraden di daerah tersebut, yang memiliki peternakan sapi perah. “Susu dari Baturraden sudah memiliki sertifikasi halal, jaminan keamanan dari Badan POM, serta Nomor Kontrol Veteriner, sehingga produknya aman,” jelas Nasrullah.

Baca Juga :  Pengamat: Upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN untuk Kepentingan Jokowi dan Invesntor, Bukan untuk Rakyat

Staf Khusus Menteri Pertanian Bidang Kebijakan Pertanian, Sam Herodian, menegaskan bahwa sesuai arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, program ini menggunakan sumber produksi susu lokal. Sam Herodian juga menekankan bahwa program minum susu ini adalah salah satu program fundamental dari Presiden terpilih.

“Kami berharap untuk mewariskan generasi muda yang sehat agar Indonesia dapat menjadi negara yang tangguh dan kompetitif pada tahun 2045. Dalam uji coba ini, kami ingin mengenalkan susu murni yang sehat,” tambah Sam Herodian. ย Aisyah Kharisma Yogi

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com