JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

LPPIK UMS Gelar Daurah Tahfidz Mahasantri Pondok Hajjah Nuriyah Shabran

Lembaga Pengembangan Pondok, Al-Islam, dan Kemuhammadiyahan (LPPIK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Daurah Tahfidz untuk mahasantri Pondok Hajjah Nuriyah Shabran UMS di Masjid Al-Munajat, kompleks Pondok Shabran Timur, Dukuh Makamhaji Kartasura. Kegiatan Tahfidz Camp ini berlangsung mulai Jumat-Selasa, (19-23/7/2024). Humas UMS
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Lembaga Pengembangan Pondok, Al-Islam, dan Kemuhammadiyahan (LPPIK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Daurah Tahfidz untuk mahasantri Pondok Hajjah Nuriyah Shabran UMS di Masjid Al-Munajat, kompleks Pondok Shabran Timur, Dukuh Makamhaji Kartasura. Kegiatan Tahfidz Camp ini berlangsung mulai Jumat-Selasa, (19-23/7/2024).

Peserta berasal dari program Idad dan reguler sebanyak 45, dengan capaian minimal 10 juz dari kewajiban program Idad. Kegiatan tersebut bagian dari dukungan LPPIK UMS terhadap keberlanjutan program Idad yang berlangsung selama satu tahun.

Selama program Idad, mahasantri wajib belajar bahasa Arab aktifย  disela waktu ibadah sholat rawatib dan kuliah. Setiap pekannya, peserta bertemu 6 kali untuk menyelesaikan kewajiban 10 juz.

Baca Juga :  Diskusi Ilmiah UMS, Bahas Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional Kuatkan Komunikasi Global

Puncak kegiatan Tahfidz Camp ini menjadi persiapan penting sebelum melanjutkan ke program perkuliahan reguler. Mahasantri akan menghadapi Haflah Akhirussanah, menandai selesainya masa pendidikan Idad dengan tasmi sekali duduk 5 juz. Daurah ini dijadikan wadah untuk mempersiapkan mereka menghadapi ujian tersebut.

“Sebagai kader Muhammadiyah, bekal ini penting untuk menjadi Dai di masa mendatang dalam berdakwah,” ujar KH Jazuli Al Demaky, kepala program Deputi Pembinaan Pesantren LPPIK UMS Senin, (22/7/2024).

Baca Juga :  Tingkatkan Semangat ASEAN dalam Hadapi Tantangan Global, Daops 6 Yogyakarta Hadirkan ARCEO's Conerence

Ditambahkan Ketua koordinator pembina Daurah, Erlan Dwi Cahyo, S. Ag, menambahkan, kegiatan pada Jumat, (19/7/2024) lalu dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas ilmu maupun hafalan.

โ€œKami mengapresiasi perhatian besar ini. Semoga kegiatan ini dapat memaksimalkan hafalan yang sudah tercapai dan mengejar ketertinggalan bagi yang membutuhkan. Ini juga gerbang awal untuk masuk ke perkuliahan reguler, meningkatkan kualitas dan kuantitas ilmu maupun hafalan kedepannya,” ujarnya.

Dengan berakhirnya kegiatan ini, lanjutnya, diharapkan mahasantri mampu menjaga istiqomah dalam pendidikan Yaumiyah mereka dan terus meningkatkan kualitas keilmuan dan hafalan. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com