JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Mahasiswa UMS Berikan Pengabdian Kepada Caregiver Alzheimer

Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM PM) bertajuk "Asmaraloka" sukses diselenggarakan pada hari Sabtu, 13 Juli 2024 di Sasana Krida Mangkubumen. Kegiatan ini diikuti oleh 25 caregiver dari penderita Alzheimer di wilayah Solo Raya. Humas UMS
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM PM) bertajuk “Asmaraloka” sukses diselenggarakan pada hari Sabtu, 13 Juli 2024 di Sasana Krida Mangkubumen. Kegiatan ini diikuti oleh 25 caregiver dari penderita Alzheimer di wilayah Solo Raya.

Acara ini merupakan salah satu rangkaian dari upaya memberikan edukasi dan dukungan kepada para caregiver Alzheimer. Kegiatan yang dilaksanakan ini mencakup seminar home living, pemeriksaan vital sign, dan confess day.

Dalam Seminar Home Living, pemateri Acel memberikan edukasi kepada para caregiver mengenai tata letak rumah yang aman dan nyaman bagi penderita Alzheimer. Seminar ini bertujuan untuk membantu caregiver dalam mengurangi risiko kecelakaan di rumah dan meningkatkan kualitas hidup penderita Alzheimer melalui penyesuaian lingkungan rumah.

Baca Juga :  Respati Ardi Bakal Gunakan Peran Anak Muda Solo di Pemerintahan Jika Terpilih Jadi Wali Kotaย 

Kemudian agenda lainnya adalah pemeriksaan Vital Sign yang dilakukan oleh tenaga medis untuk memastikan kesehatan para caregiver. Pemeriksaan ini mencakup pengecekan tekanan darah, gula darah, dan tanda-tanda vital lainnya guna mendeteksi dini masalah kesehatan yang mungkin dialami oleh para caregiver.

Pada Sesi Confess Day, caregiver dapat berbagi pengalaman, tantangan, dan perasaan mereka dalam merawat penderita Alzheimer. Sesi ini memberikan ruang serta dukungan emosional dan solusi praktis dalam mengatasi stres dan kelelahan.

Dian Rahayu Wijayanti selaku Ketua Tim PKM PM, menyatakan bahwa kegiatan pengabdian semacam ini dapat memberikan manfaat nyata.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat nyata bagi para caregiver, baik dalam hal pengetahuan, kesehatan, maupun dukungan emosional. Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang membutuhkan perhatian dan dukungan kita semua,” ungkapnya, Minggu (21/7/2024).

Baca Juga :  Gandeng Polresta Surakarta, Tim KKN 266 UNS Sosialisasikan Pencegahan Kriminalitas di Kelurahan Kestalan

Dia merincikan manfaat dan sekaligus hasil dari kegiatan yang telah dilakukan oleh timnya di antaranya, Peningkatan Pengetahuan yang menjadi cara caregiver memperoleh pengetahuan yang lebih baik mengenai tata letak rumah yang aman dan cara-cara meningkatkan kenyamanan dan keselamatan bagi penderita Alzheimer.

Kemudian Kesehatan Terpantau, karena melalui pemeriksaan vital sign, para caregiver dapat mengetahui kondisi kesehatan mereka secara lebih mendetail dan mendapatkan rekomendasi medis yang tepat. Selanjutnya adalah Dukungan Emosional yang dilakukan melalui Sesi Confess Day. Sesi tersebut memberikan kesempatan bagi para caregiver untuk berbagi dan mendapatkan dukungan emosional, yang sangat penting dalam mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental mereka. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com