Site icon JOGLOSEMAR NEWS

Kebakaran Hebat di Umbulharjo, Diduga Api Berawal dari Tempat Usaha Laundry

ilustrasi kebakaran

Ilustrasi kebakaran / tribunnews

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM kompleks tempat usaha di Jalan Timoho, Muja-muju, Umbulharjo, Kota Yogyakarta itu ludes dilalap si jago merah pada Senin (23/9/2024).

Tempat usaha yang terbakar tersebut terdiri dari rumah induk, kontrakan dan beberapa lapak usaha.

Menurut Kasi Operasional dan Pengendalian Kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta, Mahargyo, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.00 WIB.

Ia mengatakan, api berhasil dikuasai setelah pihaknya menerjunkan setidaknya tiga regu pemadam kebakaran dengan empat armada, ditambah satu dari UGM.

Dengan personel sekitar 10 orang, pasukan pemadam kebakaran berhasil mengendalikan api sekitar pukul 12.00 WIB.

“Yang lama proses pendinginannya, karena di atap kan jangkauannya susah juga,” jelasnya saat dikonfirmasi, Senin (23/9/2024).

Diduga, titik api bermula dari tempat usaha laundry, yang kemudian menjalar hingga berdampak pada bangunan-bangunan lain di kompleks tersebut.

“Di sebelah rumah tingkat (rumah induk) itu kan disewakan, untuk laundry dan warung to. Awal mula (kebakaran) dari situ, dimungkinkan dari kalau nggak kompor ya laundry-nya itu, kan pakai gas to. Tapi kepastiannya belum tahu,” paparnya.

Ia menuturkan terdapat dua (bangunan terdampak), yakni rumah bertingkat serta satu bangunan lagi di sisi selatan bangunan yang terbakar.

“Sebelah selatan itu juga ada tiga kamar kontrakan yang atapnya terbakar. Itu masih satu pekarangan sama rumah tingkat,” imbuh Mahargyo.

Mahargyo mengonfirmasi tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini.

Menurutnya, kebakaran di tempat usaha laundry memang kerap terjadi dengan penyebab yang sama.

“Kalau kebakaran di Laundry itu memang penyebabnya biasanya seperti itu, mesin Laundry itu, nggak tahu kok pakai gas, mungkin untuk setrika uap. Karena beberapa kejadian juga seperti itu,” pungkasnya.

Exit mobile version