Site icon JOGLOSEMAR NEWS

Kolaborasi Bukalegal.com, STP dan Hatena Gelar Pelatihan JOSS, Komitmen Antar UMKM Naik Kelas

Bukalegal.com kolaborasi dengan Solo Tecknopark (STP) dan Hatena menggelar Workshop JOSS - Juragan Smart & Santuy, Rabu (25/9/2024), di STP. Kegiatan didukung Bank Syariah Indonesia (BSI) tersebut diikuti puluhan UMKM dari Soloraya. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Bukalegal.com kolaborasi dengan Solo Tecknopark (STP) dan Hatena menggelar Workshop JOSS – Juragan Smart & Santuy, Rabu (25/9/2024), di STP. Kegiatan didukung Bank Syariah Indonesia (BSI) tersebut diikuti puluhan UMKM dari Soloraya.

Bussiness Development Bukalegal.com Dody mengatakan, mengambil tema “Cara Teknis Membangun Bisnis Menjadi Top of Mind”, kegiatan tersebut diharapkan mampu mendorong kemajuan UMKM. Hal itu sesuai dengan visi Bukalegal.com untuk dekat dengan UMKM.

“Tujuan kegiatan JOSS memajukan UMKM karena tema-tema kita sangat powerfull untuk menunjang UMKM di Soloraya semakin naik kelas. Peserta dari Soloraya. Harapannya melalui kegiatan ini mampu memajukan UMKM karena visi Bukalegal.com sangat dekat dengan UMKM,” bebernya.

Ditambahkan Brand Designer Hatena, Ardian Novianto, UMKM selalu menghadapi kendala untuk menuju naik kelas. Salah satunya dari pembuatan logo. Dalam hal inilah, Hatena hadir untuk memberikan konsultasi pada para pelaku UMKM untuk membuat logo sebagai branding.

“Kendala yang dihadapi UMKM kompleks, salah satunya UMKM punya waktu singkat dalam membangun bisnis. Maka itu menjadi salah satu komitmen Hatena untuk membantu. Yakni melalui upaya pembuatan logo sebagai wajah produk,” bebernya.

Di sisi lain, penyelenggaraan kegiatan tersebut didukung BSI. Menurut Micro Manager BSI Kartasura, Wiwik Hermawati, bermitra dengan Bukalegal.com menjadi salah satu bentuk kerjasama mendukung UMKM baik skala menengah maupun atas.

“Kami kerjasama mensupport UMKM baik skala menengah ataupun di atasnya. Di BSI ada pembiyaan KUR yang merupakan salah satu akses perbankan bagi pelaku UMKM,” imbuhnya.

Sementara itu, Perwakilan Inkubator Bisnis dan Teknologi STP, Johanes Widya mengapresiasi kegiatan workshop tersebut. Ia berharap para pelaku UMKM akan semakin tedorong untuk mengembangkan usahamya melalui kegiatan semacam itu.

“Kami mengadakan pelatihan hampir setiap bulan. Harapannya pelaku UMKM semakin tersadarkan bahwa usaha itu mudah. Selain itu, kegiatan ini juga mengangkat Bukalegal.com. Membantu mereka mengedukasi masyarakat terkait program-program di STP. Bahwa program kami untuk warga Solo dan Soloraya,” ungkapnya. Prihatsari

Exit mobile version