Beranda Daerah Solo Berperan Jadi Prabu Indrasakti, Begini Kesan Respati Pentas Ketoprak bersama Astrid Widayani

Berperan Jadi Prabu Indrasakti, Begini Kesan Respati Pentas Ketoprak bersama Astrid Widayani

Calon Wali Kota Solo nomor urut 2, Respati Ardi (paling kiri) berperan sebagai Prabu Indrasakti saat tampil dalam Ketoprak Pilkada Damai "Sang Pamomong” di Auditorium Sarsito Mangoenkoesoemo RRI Solo, Jalan Abdul Rahman Saleh 51, Kestalan, Banjarsari, Solo, Kamis (10/10/2024). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Radio Republik Indonesia (RRI) Solo mengelar pentas Ketoprak Pilkada Damai “Sang Pamomong” di Auditorium Sarsito Mangoenkoesoemo RRI Solo, Jalan Abdul Rahman Saleh 51, Kestalan, Banjarsari, Solo, Kamis (10/10/2024).

Pentas Ketoprak Pilkada Damai “Sang Pamomong” mengisahkan tentang sosok pemimpin yang dikehendaki dan dicita-citakan oleh rakyat. Juga digambarkan raja-raja yang berkumpul untuk mencurahkan harapan-harapannya kepada rakyatnya.
Calon Wali Kota Solo nomor urut 2 yang didukung 11 partai politik, Respati Ardi yang berperan sebagai Prabu Indrasakti mengungkapkan, bahwa bermain ketoprak ditonton banyak orang merupakan pengalamannya yang pertama.

“Dulu pengalaman main ketoprak pada saat di Hipmi hanya ditonton di pertemanan saja. Tetapi main ketoprak ditonton oleh banyak orang seperti ini, baru pertama kali. Perasaan gado-gado, campur aduk, karena pengalaman baru, ternyata menyenangkan dengan pekerja-pekerja seni dan pelaku-pelaku budaya di sini luar biasa, pengalaman yang sangat luar biasa, ungkap Respati Ardi yang juga merupakan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Solo.

Calon Wali Kota Solo nomor urut 2 tersebut berharap RRI Solo terus konsisten melestarikan budaya melalui pertunjukkan ketoprak dan wayang orang.

“Harapannya RRI bisa konsisten terus untuk mengawal kebudayaan kita melalui seni pertunjukkan ketoprak dan wayang serta terus dikembangkan. Dan kalau perlu melibatkan tokoh-tokoh muda, anak-anak muda, tingkat SMA hingga universitas,” pungkas dia di sela-sela menunggu tampil di panggung.

Sedangkan pasangan Respati Ardi yaitu calon Wakil Wali Kota Solo nomor urut 2, Astrid Widayani yang berperan sebagai Prabu Kencana Murti merasa senang, pentas Ketoprak Pilkada Damai ditonton banyak orang.

Baca Juga :  MilkLife Soccer Challenge Solo Seri 2 2024 Makin Diminati, Ratusan Siswi Ikuti Turnamen

“Ramai sanget, niki mboten naming teng ruang mriki, wonten njawi, wonten ndalem (live streaming youtube-red) mirsani Ketoprak RRI. Ini satu hal yang luar biasa ya di RRI, sudah beberapa kali menghadirkan tokoh-tokoh yang diajak pentas, dan ini membawa semangat baru bahwa kita harus terus menjaga kebudayaan di Kota Solo. Supadhos lengkap, wonten ingkang bagus, wonten ingkang ayu, mari bersama kita jaga Solo tetap maju,” kata Astrid Widayani.

Bambang Nugroho, calon Wakil Wali Kota Solo nomor urut 1 dari PDI-P yang berperan sebagai Prabu Hadimurti mengungkapkan bermain ketoprak bisa melibatkan banyak elemen masyarakat yang ikut bermain pentas seni ini, “Harapan kami ke depan memang mengajak semua elemen bisa bermain ketoprak, sehingga RRI bisa menjadi salah satu wadah, di mana banyak pihak makin cinta kepada ketoprak budaya bangsa Indonesia,” kata dia.

Sedangkan tentang ketidakhadiran calon Wali Kota Solo nomor urut 1 dari PDI-P, Teguh Prakosa yang berperan sebagai Prabu Brama Saketi, Bambang Nugroho mengatakan karena ada kegiatan keagamaan di wilayah Laweyan

“Pak Teguh hari ini terjadwal di beberapa kegiatan keagamaan sehingga beliau tidak bisa rawuh,” jelas Bambang Nugroho

Menurut penulis dan sutradara ketoprak dengan lakon “Sang Pamomong,” Ruseno Bagus Wijoyo, untuk jumlah pemain sebanyak 25 orang dan hanya latihan singkat tak hanya sehari. “Sekitar 25 pemain, dengan latihan yang singkat sekali tidak sampai satu hari,” ungkap Ruseno Bagus Wijoyo.

Baca Juga :  Buka Liga Solo Divisi 2, Respati-Astrid: 'Ini Bangkitkan Sport Tourism!'

Ruseno Bagus Wijoyo berharap melalui pentas ketoprak Pilkada Damai tersebut, bisa saling bersinergi dan membuat suasana Kota Solo lebih aman, damai dan makin terkenal dengan kesenian ketoprak.
“Harapannya saling bersinergi dan membuat suasana kota damai, selebihnya itu Kota Solo menjadi lebih kuncara atau lebih terkenal dengan adanya sajian ketoprak Sang Pamomong. Serta berjalannya Pilkada itu dengan aman dan damai tidak ada halangan apapun dan semuanya sukses,” kata Ruseno Bagus Wijoyo.

Pentas Ketoprak Pilkada Damai “Sang Pamomong” yang disaksikan secara gratis oleh lebih dari 500-an penonton dan bisa disaksikan secara live di kanal youtube @rri_surakarta serta didengarkan melalui @pro4rrisurakarta tersebut ditutup dengan pembagian doorprize untuk para penonton. Prihatsari