Site icon JOGLOSEMAR NEWS

Blusukan di Jagalan, Respati Siap Eksekusi Program 1000 Toilet Bersih

Calon Wali Kota Solo nomer urut 2, Respati Ardi, belanja masalah dengan blusukan di kampung Jagalan, Jebres, Solo. Sejumlah warga tampak sudah tidak sabar menunggu kehadiran Respati di kampung mereka, Selasa (22/10/2024). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Calon Wali Kota Solo nomer urut 2, Respati Ardi, belanja masalah dengan blusukan di kampung Jagalan, Jebres, Solo. Sejumlah warga tampak sudah tidak sabar menunggu kehadiran Respati di kampung mereka, Selasa (22/10/2024).

Memulai blusukannya dengan berjalan kaki, Respati menyapa warga dari pintu ke pintu. “Saya Respati, mohon doa restu dan dukungannya agar bisa bermanfaat untuk warga dan masyarakat Kota Solo nggih,” tandas Respati saat menyalami warga.

Respati pun mampir ke home industry sablon plastik, Ketua HIPMI itu pun berbincang mengenai usaha sablon plastik milik Slamet yang mulai berkembang, “Wah, mantap ini. Kalau seperti ini harus pesan dulu ya, Pak? Kalau boleh tahu untuk pemasarannya lewat mana saja ini, Pak?” tanya Respati kepada Slamet.

“Ya, ini harus pesan dulu Mas, untuk pemasaran biasanya kita dari mulut ke mulut saja. Bersyukur sudah banyak langganan bertahun-tahun. Di sini bisa sablon plastik berbagai ukuran, kalau yang kecil bisa untuk plastik snack, sejenis OPP gitu. Untuk yang besar bisa kresek sampai trash bag,” ungkap Slamet menjelaskan sembari memperlihatkan hasil sablon miliknya kepada Respati.

Setelah melihat UMKM berupa sablon plastik, Respati meninjau toilet umum milik warga yang kabarnya mampet berbulan-bulan. “Ini toilet warga sini Mas, ada 2, tapi yang 1 mampet berbulan-bulan. Untuk air kami masih pakai pompa air manual, belum ada dana untuk beli pompa air listrik,” begitu tutur Tinah dan sejumlah warga sekitar menyampaikan.

Respati turut mencoba memompa air di pompa air manual tersebut. “Ini sebagai percontohan salah satu program saya. Mungkin besok kita beri pompa air listrik dan kita benahi agar tidak mampet. Seperti di Kentingan kemarin juga jadi percontohan program saya, tapi yang 1000 CCTV. Nah, nanti Kampung Jagalan jadi percontohan program 1000 toilet bersih,” jelas Respati yang langsung disambut senyum sumringah warga.

Usai meninjau toilet, Respati kembali menyapa warga yang sudah berkumpul di depan angkringan. Warga berebut untuk menyalami Respati dan meminta foto selfie. Respati mempersilakan warga untuk jajan di warung angkringan milik Sumarni tersebut. Tidak hanya anak-anak, terlihat Ibu-ibu muda ikut berebut memborong makanan, ‘Terima kasih, Mas Respati,’ ujar warga bersahutan. Prihatsari

Exit mobile version