Beranda Daerah Wonogiri Cara Memanfaatkan Buah Jambu Mete, Dibuat Abon Selai Keripik hingga Pupuk

Cara Memanfaatkan Buah Jambu Mete, Dibuat Abon Selai Keripik hingga Pupuk

Rempah jambu mete. JSNews. Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Buah jambu mete, atau yang juga dikenal sebagai jambu monyet, tidak hanya dikenal karena kacang metenya yang bernilai tinggi, tetapi juga buahnya yang kaya akan manfaat.

Sayangnya, bagian buah sering kali diabaikan dan kurang dimanfaatkan. Padahal, jambu mete memiliki banyak manfaat yang bisa dikembangkan menjadi berbagai produk olahan yang bernilai ekonomi tinggi.

Berikut beberapa cara untuk memanfaatkan buah jambu mete:

1. Dibuat Jus dan Minuman Segar Daging buah jambu mete yang kaya akan kandungan air dan rasa manis-asam segar cocok diolah menjadi jus. Kandungan vitamin C yang tinggi menjadikannya pilihan minuman sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jus ini bisa ditambahkan gula, madu, atau perasan jeruk nipis untuk memperkaya rasa.

2. Dikeringkan Menjadi Manisan Buah jambu mete dapat diolah menjadi manisan kering atau basah. Proses pengeringan dan pengawetan dengan gula atau garam membuat buah ini bisa dinikmati lebih lama dengan cita rasa yang unik. Manisan jambu mete memiliki tekstur kenyal dengan perpaduan rasa manis dan asam yang menyegarkan.

3. Dijadikan Bahan Selai
Karena teksturnya yang lembut, jambu mete juga cocok dijadikan bahan untuk membuat selai. Selai dari jambu mete bisa digunakan sebagai olesan roti, topping pancake, atau campuran dessert lainnya. Selain itu, kandungan seratnya baik untuk pencernaan.

Baca Juga :  Daftar 26 Lokasi Tes CPNS Wonogiri 2024, Cek Kamu Ada Dimana

4. Diolah Menjadi Keripik
Seperti halnya buah-buahan lain, buah jambu mete dapat diolah menjadi keripik. Proses pengeringan dan penggorengan dengan teknik tertentu membuat keripik jambu mete renyah dan gurih, menjadikannya camilan sehat yang kaya nutrisi.

5. Fermentasi Menjadi Cuka atau Alkohol Buah jambu mete juga bisa difermentasi menjadi produk cuka yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, di beberapa daerah, buah jambu mete diolah menjadi minuman beralkohol tradisional seperti anggur buah.

6. Pupuk Organik
Bagian buah jambu mete yang tidak terpakai juga dapat dijadikan bahan untuk membuat pupuk organik. Kandungan nutrisi dari buah ini membantu menyuburkan tanah dan meningkatkan pertumbuhan tanaman.

7. Dibuat Oseng Jambu Mete, Rempah Jambu Mete
Oseng jambu mete, rempah jambu mete dan botok jambu mete menjadi kuliner khas Wonogiri. Sejumlah warung makan menyediakan menu tersebut saat musim jambu mete tiba.

Baca Juga :  Kuliner Khas Wonogiri, Oseng Jambu Mete dan Rempah Jambu Mete, Hanya Bisa Dinikmati Saat Musim Tiba

8. Dijadikan abon jambu mete
Buah jambu mete dikenal memiliki serat, sehingga cocok diolah menjadi abon jambu mete dengan dicampur bumbu dan daging.

Dengan berbagai cara pemanfaatan ini, buah jambu mete tidak hanya bisa dinikmati dalam bentuk kacangnya saja, tetapi juga bisa diolah menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi. Hal ini juga dapat membuka peluang usaha kreatif, khususnya di daerah yang menjadi penghasil jambu mete.

Aris Arianto