Beranda Daerah Solo Dosen UNU Solo Optimalkan Pemasaran Digital dan Komunitas, serta SOP Kepatuhan Syariah...

Dosen UNU Solo Optimalkan Pemasaran Digital dan Komunitas, serta SOP Kepatuhan Syariah di NUCARE-LAZISNU Solo

Tim dosen dan mahasiswa dari Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Solo melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di NUCARE-LAZISNU Solo. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Tim dosen dan mahasiswa dari Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Solo melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di NUCARE-LAZISNU Solo.

Mengangkat tema “Peningkatan Pemasaran berbasis Digital dan Komunitas di NUCARE-LAZISNU Kota Surakata”, kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat yang didukung oleh DRTPM Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun Anggaran 2024.

Program ini diinisiasi oleh Tim Dosen UNU Solo yakni Madha Adi Ivantri, S.EI. MA., Achmad Mufid Marzuqi, S.E., MM. dan H. Ahmad Faruk, S.HI, M.HI. Kegiatan berlangsung di semester gasal Tahun Akademik 2024/2025 dan dimulai bulan Agustus 2024.

Kegiatan ini juga melibatkan dua mahasiswa dari Program Studi Ekonomi Syariah yakni Asih Puji Lestari dan Shofiatulkhoiriyah sebagai wujud implementasi MBKM.

Dalam sambutannya, Madha Adi Ivantri menyampaikan kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat.

Baca Juga :  Ketemu Respati, Warga Kampung Sewu Keluhkan Kondisi Selokan Mampet

“Poin penting dalam undang-undang tersebut adalah masyarakat memiliki peran pembinaan, pertama untuk meningkatkan kesadaran masyarkat membayar ZIS di lembaga resmi dan kedua memberikan saran/ masukkan untuk peningkatan kinerja BAZNAS dan LAZ, dalam hal ini sasaran mitra kami adalah NUCARE-LAZISNU Kota Surakata,” ujarnya.

Sementara itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi dan penampingan yang diikuti pengurus dan perwakilan dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) NUCARE-LAZISNU Kota Solo. Materi-materi sosialisasi yang disampaikan meliputi pentingnya komunikasi pemasaran di era digital, pemasaran berbasis komunitas untuk lembaga amil zakat, dan sop kepatuhan syari’ah penghimpunan dan penyaluran Koin NU dan zakat.

Tim PkM juga melakukan pendampingan pengelolaan website dan instagram sebagai sarana pemasaran digital dan komunitas untuk mejalin komunikasi dan transparasi dengan mitra komunitas.

Ditambahkan Ketua NUCARE-LAZISNU Kota Solo, Ilham Nuha Perkasa, pihaknya mengapresiasi kegiatan ini dan berharap program serupa dapat terus berlanjut.

Baca Juga :  Maksi Bareng Luhut, Respati Didorong Rajin Blusukan

“Kami mengucapkan terima kasih kepada tim dosen UNU Surakarta atas inisiatif ini. Kami berharap, kedepan ada tema-tema baru untuk dapat meningkatkan kinerja layanan lembaga amil zakat, dan NUCARE-LAZISNU Kota Surakata siap mejadi laboratorium pengabdian bapak-bapak dosen,” ungkapnya. Prihatsari