Site icon JOGLOSEMAR NEWS

Kenduri Agung Masyarakat Sangiran 2024 : Bupati Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya di Sangiran

Bupati Sragen, dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, menyerahkan wayang secara simbolis kepada Dalang Ki Cahyo Kuntadi, S.SN., M.SN. || dok Pemkab Sragen

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Bupati Sragen, dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengajak masyarakat untuk lebih aktif dalam melestarikan budaya dan mengunjungi Museum Manusia Purba Sangiran.

Ajakan ini disampaikan saat acara puncak Kenduri Agung Masyarakat Sangiran 2024 yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat Desa Ngebung.

“Saya berharap masyarakat tetap datang ke museum meskipun tidak ada acara seperti ini, untuk bermain dan belajar bersama keluarga dan teman,” ujar Bupati Sragen, dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, menyerahkan wayang secara simbolis kepada Dalang Ki Cahyo Kuntadi, S.SN., M.SN.

Beliau juga mengapresiasi antusiasme masyarakat Desa Ngebung yang telah berpartisipasi aktif dalam rangkaian acara Kenduri Agung.

Sementara itu, masyarakat Desa Ngebung sendiri merasa senang dapat berkontribusi dalam pelestarian budaya. “Berdasarkan hasil musyawarah, masyarakat Ngebung dapat berpartisipasi dalam persiapan acara ini selama kurang lebih 10 hari,” ungkap Kepala Desa Ngebung, H. Sutar.

Dengan melibatkan masyarakat secara langsung dalam penyelenggaraan acara, diharapkan dapat meningkatkan rasa memiliki dan kepedulian terhadap warisan budaya Sangiran.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata baru dan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Sebelumnya, Kirab dan Kenduri Tumpeng Masyarakat Ngebung dilaksanakan pada Kamis (3/10/2024) dilanjutkan Senam Masal bersama Rahajeng Puji Lestari pada Jum’at (4/10/2024). Tidak hanya itu, voli dan edubike juga diadakan di kluster lain seperti Desa Bukuran, Dayu, dan Krikilan. (*)

Exit mobile version