Site icon JOGLOSEMAR NEWS

Lomba MAPSI 2024, Dian Rineta Tekankan Pentingnya Peran Keluarga dalam Pendidikan Agama

Lomba Mata Pelajaran Agama dan Seni Islami (Mapsi) XXV Kota Surakarta 2024, yang digelar di SD Islam Terpadu Nur Hidayah, Kerten, Laweyan, Selasa (8/10/2024) pagi | Foto: Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Dian Rineta, ST., M.Si., menegaskan pentingnya peran keluarga sebagai madrasah pertama bagi anak-anak dalam membangun fondasi iman dan akhlak.

Pernyataan tersebut disampaikan Dian saat membuka Lomba Mata Pelajaran Agama dan Seni Islami (Mapsi) XXV Kota Surakarta 2024, yang digelar di SD Islam Terpadu Nur Hidayah, Kerten, Laweyan, Selasa (8/10/2024) pagi.

Dalam sambutannya, Dian menekankan bahwa orang tua memiliki peran sentral dalam menanamkan nilai-nilai Islam pada anak sejak dini. Ia mengajak sekolah-sekolah, baik di bawah Kementerian Agama maupun Dinas Pendidikan, untuk bekerja sama dengan keluarga demi menciptakan generasi masa depan yang berakhlak mulia dan tangguh menghadapi tantangan zaman.

“Anak-anak kita saat ini bahagia menerima ajaran Islam dengan baik, bahkan tidak sedikit yang memilih pendidikan pesantren. Ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi kita semua untuk terus bersinergi menghadirkan layanan pendidikan terbaik,” ujar Dian.

Kegiatan Lomba MAPSI ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman agama Islam di kalangan siswa-siswi sekolah dasar, seperti disampaikan Kepala Seksi Manajemen dan Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Mona Raguan, S.Pd., M.Si. Mona menambahkan, lomba ini juga menjadi sarana bagi siswa untuk mengamalkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.

Lomba Mapsi  XXV Kota Surakarta tahun ini diikuti oleh 170 peserta dari lima kecamatan yang akan berkompetisi dalam 13 cabang lomba, termasuk Pengetahuan PAI dan BTQ, Praktik Wudhu dan Sholat, Azan Iqomah, Seni Tilawatil Qur’an, Seni Hifdzil Qur’an, Kaligrafi, hingga Macapat Islami.

Mona juga menyebutkan bahwa para pemenang lomba akan mewakili Kota Surakarta di ajang MAPSI Jawa Tengah yang akan digelar di Kudus pada 8-10 November 2024.

“Juara 1 dari setiap kategori akan membawa nama Kota Surakarta di tingkat provinsi,” pungkas Mona, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.  Suhamdani

Exit mobile version