Site icon JOGLOSEMAR NEWS

Makan Bersama Warga, Respati Dihampiri Pengamen; ’Terima Kasih Mas, Izin Bungkus Lauk untuk Orangtua’

Tidak hanya blusukan dan sarasehan, Respati Ardi, calon Wali Kota Solo nomer urut 2 menghadiri acara ramah tamah dan makan siang bersama sejumlah warga sekitar Nusukan di Rumah Makan Kemuning, Nusukan, Banjarsari, Solo, Kamis (24/10/2024). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Tidak hanya blusukan dan sarasehan, Respati Ardi, calon Wali Kota Solo nomer urut 2 menghadiri acara ramah tamah dan makan siang bersama sejumlah warga sekitar Nusukan di Rumah Makan Kemuning, Nusukan, Banjarsari, Solo, Kamis (24/10/2024).

“Kami hari ini mendapat undangan makan siang dari Pak Respati, tidak hanya makan tetapi nanti juga akan ada acara ramah tamah kecil-kecilan untuk membicarakan bagaimana keluhan warga yang didominasi oleh UMKM sekitar sini,” ujar Setya, warga setempat saat mencicipi hidangan sembari menunggu kehadiran Respati.

Tidak hanya pengunjung lain, tetapi karyawan dan petugas parkir sontak kaget, lantaran kehadiran Respati di lokasi rumah makan. Usai berkenalan dan berfoto dengan beberapa pengunjung, Respati mulai mengambil hidangan yang tersedia. “Hari ini kita makan siang bersama warga. Ini saya ambil sayur namanya terserah lo deh, kelihatan enak sekali kalau diberi gorengan bakwan,” Guyon Respati sembari mengambil sayur lodeh dan lauk lainnya.

Respati duduk di tengah-tengah warga untuk menikmati makan siang bersama, tak lupa Respati mempersilakan warga untuk ikut makan dan membungkus untuk dibawa pulang. “Monggo Bapak, Ibu.. silakan dinikmati. Kalau mau dibungkus untuk dibawa pulang juga boleh, biar nanti bisa makan sama keluarga,” ujar Respati kepada warga.

Di tengah makan siang, Respati dihampiri tiga pemuda yang mengucapkan terima kasih, “Mas, makasih banyak ya sudah memberi rejeki kepada kami. Tadi lagi ngamen di luar, terus dipersilakan makan siang gratis. Semoga menjadi Wali Kota Solo, ini izin kami bungkus untuk orang tua kami di rumah,” ujar Krisna bersama dua teman lainnya yang kebetulan sedang mengamen di rumah makan tempat Respati beramah tamah.

Respati menerima dengan baik doa Krisna dan teman-temannya. Ketua HIPMI itu pun kemudian mendapat aduan berupa modal untuk para UMKM. “Mas, saya jualan sate keliling. Kalau boleh saat menjadi wali kota besok, saya mau gerobak gratis atau modal yang lain. Seperti saat Mas Gibran dulu, teman-teman dapat tapi saya belum dapet,” tandas Nur Halimah kepada Respati.

“Saya juga Mas, jualan saya timlo sama kare. Untuk saat ini juga butuh gerobak untuk jualan,” sahut Turis menambahkan. Calon Wali Kota Solo nomer urut 2 itu turut menjelaskan sejumlah program yang akan dibawanya.

“Baik Ibu, jadi saya punya program untuk para UMKM. Nama programnya Bantu Modal dan Bantu Jual. Harapannya, untuk para UMKM yang punya marketing tetapi kekurangan modal, akan kami bantu dalam pemodalan. Dan untuk UMKM yang sudah ada modal tetapi bingung cara memasarkannya, akan kami bantu untuk penjualannya. Kami akan beri modal berupa barang dagangan, gerobak, atau keperluan lainnya selain uang. Kenapa? Karena kalau diberi modal berupa uang, nantinya bukan untuk modal, tetapi untuk bayar Vario,” tandas Respati disambut tawa warga yang menyetujui program UMKM Bantu Modal dan Bantu Jual. Prihatsari

Exit mobile version