Beranda Nasional Jogja Manusia Silver Sering Berulah Kasar, Forpi Minta Patroli dan Razia Diperketat

Manusia Silver Sering Berulah Kasar, Forpi Minta Patroli dan Razia Diperketat

Dua manusia silver yang diamankan Satpol PP Kota Yogyakarta di Jalan Mataram, Minggu (29/9/2024) | tribunnews

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Anggota Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta, Baharuddin Kamba, meminta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk merespons fenomena maraknya manusia silver di Kota Yogyakarta.

Pasalnya, tidak hanya semarak, namun sering terjadi, dalam aksinya, manusia silver tersebut main kasar dengan menggebrak mobil ketika tidak diberi receh.

Menurut Baharuddin Kamba, OPD terkait, salah satunya bisa menggencarkan patroli dan razia manusia silver, khususnya menyasar titik-titik keramaian di seputaran Kota Pelajar.

“Karena jika mengganggu kenyamaan warga, itu sudah tidak benar. Berarti, mereka memaksa warga atau pengguna jalan untuk memberikan sejumlah uang dengan cara yang tak pantas. Itu sudah tidak benar,” tegasnya, Senin (30/9/2024).

Baca Juga :  Kecelakaan Maut di Ringroad Sleman, Mobil Ringsek Tergencet 2 Truk, Ini Nasib 3 Penumpangnya

Ia tidak memungkiri, beberapa waktu yang lalu Satpol PP Kota Yogyakarta sudah melakukan razia intensif terhadap keberadaan manusia silver.

Namun, langkah tersebut seakan tidak menimbulkan efek jera bagi manusia silver lainnya untuk melakukan aktivitas mengemis dengan modus serupa.

“Sebenarnya yang diamankan sudah diarahkan juga, ditempatkan di selter milik Dinsos (Dinas Sosial) DIY, untuk diberikan pembinaan dan pekerjaan,” katanya.

“Harapannya setelah dilepas dari sana, mereka bisa bekerja layak, sesuai dengan pelatihan keahlian yang didapat selama di selter, sehingga tidak mengemis jadi manusia silver lagi,” urai Kamba.

Baca Juga :  Ketika Gelar Akademik Sekadar Dijadikan Modal Sosial, Bukan Intelegensia…

www.tribunnews.com