Site icon JOGLOSEMAR NEWS

Masih Masa Kampanye, Siswa-Siswi SMK Citra Medika Sudah Lakukan Coblosan, Ternyata Ini Maksudnya

Sebanyak 440 siswa dan juga guru di SMK Kesehatan Citra Medika Sukoharjo melakukan coblosan di halaman sekolah, Kamis, (10/10/2024). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sebanyak 440 siswa dan juga guru di SMK Kesehatan Citra Medika Sukoharjo melakukan coblosan di halaman sekolah, Kamis, (10/10/2024).

Satu persatu siswa dan guru mengantri untuk mengambil surat suara dan melakukan coblosan di bilik suara yang telah disediakan.

Renata Putri Suryandari, ketua osis SMK Kesehatan Citra Medika Sukoharjo periode 2023-2024 menjelaskan bahwa apa yang dilakukan oleh para siswa dan guru ini adalah untuk memilih ketua osis periode 2024-2025.

“Sistemnya kita ada pencoblosan secara langsung. Ada bilik suara disediakan dengan kotak suara itu jadi tujuannya ada sisi positif,” ungkap Renata.

Renata menyebut dengan menggunakan sistem pencoblosan secara langsung. Para siswa dan siswi yang belum berumur 17 tahun dan belum merasakan mencoblos. Dapat merasakan mencoblos secara langsung.

Renata menambahkan, untuk tahapan pemilihan ketua osis ini sendiri bahkan disamakan dengan tahapan pilihan kepala daerah. Seperti dilakukan tahapan kampanye dan pemaparan visi misi.

Sebanyak 440 siswa dan juga guru di SMK Kesehatan Citra Medika Sukoharjo melakukan coblosan di halaman sekolah, Kamis, (10/10/2024). Istimewa

“Ada kampanyenya juga, kita h-1 minggu hingga h-2 minggu sudah melakukan kampanye. Jadi awal September sudah kegiatan, mulai dari kampanye pemilihan kandidat ketua osis,” imbuhnya.

Renata menyebut pemilihan ketua osis dengan menggunakan sistem pencoblosan langsung baru dilakukan tahun ini. Karena sebelumnya menggunakan via class room, via google meet.

Dilain pihak Kepala Sekolah, SMK Kesehatan Citra Medika Sukoharjo, Rian Andrianto, mengaku sengaja mengkonsep pemilihan ketua osis kita konsep mirip dengan pemilu 2024.

“Tujuan kami melatih anak-anak SMK Kesehatan Citra Medika bagaimana belajar demokrasi dan mewujudkan pemilu yang bermartabat. Apalagi bulan-bulan ini medekati bulan pemilu atau kepala daerah,” pungkasnya.

Sementara itu salah satu siswi kelas 10, Risma, mengaku senang dapat menyuarakan suaranya untuk pemimpin osis di SMK Kesehatan Citra Medika Sukoharjo.

“Sempat bingung visi misinya bagus-bagus calon ketuanya jadi agak bingung. Tapi tadi alhamdulilah ga kebingungan waktu nyoblos. Karena sudah diarahin cara nyoblosnya jadi ga kebingungan,” tandasnya. Ando

Exit mobile version