Site icon JOGLOSEMAR NEWS

Sarasehan di Sondakan, Respati Siap Modernisasi Taman Cerdas dengan Konsep Fun-Edukatif

Menghadiri Sarasehan yang digelar bersama warga RW 13, Sondakan, Laweyan, Solo, Calon Wali Kota Solo nomer urut 2, Respati Ardi menyapa ratusan Ibu-ibu yang duduk memadati teras salah satu warga, Minggu (6/10/2024). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Menghadiri Sarasehan yang digelar bersama warga RW 13, Sondakan, Laweyan, Solo, Calon Wali Kota Solo nomer urut 2, Respati Ardi menyapa ratusan Ibu-ibu yang duduk memadati teras salah satu warga, Minggu (6/10/2024).

Warga pun sontak berdiri ketika mengetahui Ketua HIPMI itu turun dari mobilnya dan mulai menyalami warga satu per satu. Tidak hanya warga tetapi juga sejumlah tokoh masyarakat yang hadir. “Oh, ini ya Calon Wali Kota yang terkenal ganteng itu..” goda warga kepada Respati. Respati menyambut canda Ibu-ibu dengan senyum sumringahnya.

Sarasehan dimulai dengan sambutan Ketua RT setempat, “Ini saya aslinya deg-degan karena ini pertama kalinya kampung kami didatangi oleh Calon Wali Kota Solo. Sebelum-sebelumnya tidak pernah, makanya saya grogi sampai keringetan ini Mas Respati,” tandas Fatkhur.
Respati pun turut memperkenalkan diri, “Terimakasih nggih ibu-ibu sampun rawuh di sini.. saya Respati Ardi Calon Wali Kota Solo nomer urut 2, saya tumbuh besar di Surakarta. Rumah saya di Bumi, Laweyan,” Respati menjelaskan. “Oh, deket ya Mas, tonggo dewe!” celetuk salah seorang warga.

Respati mengungkapkan akan membuat program ‘taman cerdas’ dengan konsep modern di setiap RW. Pria yang juga berprofesi sebagai notaris itu akan memfokuskan kegiatan anak-anak agar senantiasa positif. “Kota Surakarta akan kita jadikan sebagai kota wisata. Tapi sebelum itu, ada program yang namanya ‘among tamu’. Among tamu itu apa? Warga Solo harus siap menyambut ramainya Kota Solo dengan SDM yang soft skill-nya sudah terlatih,” jelasnya.

“Jadi untuk anak-anak kita yang sudah lulus SMA/SMK, tetapi belum bisa lanjut kuliah, kita ada Rumah Siap Kerja, di sana akan diajari cara nge-MC pakai bahasa Jawa, pelatihan MUA, content creator, barista, dll. Jadi, kita akan ambil bagian di dunia pariwisata,” jelas Respati.

Mira, seorang guru, turut memberikan pertanyaan, “Bagaimana dan apa program dari Mas Respati ini untuk meningkatkan literasi anak-anak terkait pembelajaran tambahan di rumah?” tanyanya.
“Untuk literasi membaca akan kita hadirkan taman cerdas berkonsep modern, yang fun namun edukatif, jadi itu sudah meliputi perpustakaan untuk anak-anak bisa belajar dan membaca. Saya juga ada program yang namanya ‘Posyandu Plus’ Ibu, nantinya akan fokus terhadap kesehatan mental anak-anak hingga Lansia. Jadi nanti kita siapkan dokter-dokter spesialis, juga tentang ilmu parenting. Karena pendidikan dini oleh orang tua juga yang paling utama selain di sekolah,” ungkap Respati kepada seluruh hadirin.

Usai sarasehan dan berfoto bersama warga. Respati menjenguk Siti Aminah(97) sesepuh kampung yang sedang sakit lantaran usia. Sampai di rumah Siti Aminah, Respati menyalami dan meminta doa restu. “Nggih matur nuwun sudah ke sini ya Mas, semoga bisa jadi wali kota yang amanah.” Respati pun turut mendoakan kesehatan Siti Aminah dan menawarkan pendampingan kontrol ke fasilitas kesehatan.

“Mas Respati orangnya baik, mau menjenguk Ibu saya yang sudah tidak bisa keluar rumah. Saya salut, ganteng banget dan supel. Semoga ke depan, Solo bisa damai. Kalau sudah damai nanti ekonomi bisa berjalan dan Solo menjadi kota yang lebih maju,” ungkap Tri Hastuti, anak dari Siti Aminah. Prihatsari

Exit mobile version