JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Imbas Akun IG Dihack, Follower Pemkot Solo Tambah Pesat

Ilustrasi / dok Joglosemarnews
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Imbas dari akun resmi media sosial Instagram milik Pemkot Solo dihack pada Jumat (8/10/2021) lalu, jumlah follower akun tersebut bertambah pesat.

Terhitung per Senin (11/10/2021) pagi, jumlah follower akun IG @Pemkot_Solo tercaatat sebanyak 39 ribuan.

“Saya cek kemarin sebelum dihack, followernya masih di angka 36 ribuan. Pagi ini (Senin) sudah jadi 39 ribuan, jadi bertambah tiga ribuan pengikutnya,” ujar Kabag Prokopim Pemkot Solo, Wahyu Kristina, Senin (11/10/2021).

Diketahui, sempat dinonaktifkan karena kembali dihack setelah pulih pada Sabtu (9/10/2021) malam, per Minggu (10/10/2021) pagi, akun resmi IG Pemkot Solo tersebut mulai aktif kembali. Kini, operasional akun tersebut berada di bawah Diskominfo Solo.

Baca Juga :  Diiringi Gamelan Jawa, Astrid Kembalikan Formulir Pendaftaran Bakal Calon Wali Kota Solo ke Gerindra

Sebelumnya, akun media sosial Instagram resmi milik Pemkot Solo diduga diretas pihak tidak bertanggung jawab. Sejak Jumat (8/10/2021) malam, terlihat 18 foto dan video tidak jelas diaplod akun tersebut.

Ratusan netizen bertubi-tubi mengomentari foto dan video yang diapload akun tersebut. Terhitung sejak sembilan jam pada apload-an foto pertama hingga pagi ini, belum terlihat tanda-tanda akun IG Pemkot Surakarta pulih.

Baca Juga :  Lapor Progres Dana Hibah Dari UEA, Gibran Cuti 5 Hari untuk Kunjungi Qatar dan UEA

Selain menduga akun resmi IG tersebut diretas, ada juga beberapa netizen yang berkomentar jika handphone yang berfungsi untuk mengoperasionalkan akun tersebut dimainkan oleh anak admin.

Seperti yang dilontarkan @firafytria_ yang menuliskan “Mesti hpne Dinggo dolanan anake Ki” (pasti HPnya buat mainan anaknya ini). Lain halnya dengan @genuansa_snack yang menduga akun tersebut dihack dan meminta tim IT Pemkot Solo untuk segera memperbaikinya, seperti yang dituliskannya “Tim IT mana huh tim IT Pemkot Solo? Akun dihack iniii”. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com